[WPSM_AC id=16242]
(2 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Psikoedukasi Komunitas bertujuan untuk mengantarkan mahasiswa memahami prinsip-prinsip psikoedukasi komunitas, membimbing mahasiswa melakukan asesmen melalui wawancara, observasi, atau survei sederhana untuk memahami permasalahan kelompok dan masyarakat, dan menerapkan prinsip psikoedukasi dalam program prevensi dan intervensi di komunitas.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL1.6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (SN6) |
CPL2.4 | Menjunjung tinggi prinsip integritas dan kode etik psikologi dalam konteks akademik dan kehidupan (secara bertanggung jawab) (PP4) |
CPL3.3 | Mampu menghasilkan gagasan dan solusi berdasarkan perspektif Psikologi (pemecahan masalah) (KU3) |
CPL4.2 | Mampu mempromosikan kesejahteraan psikologis individu, keluarga, kelompok, organisasi, masyarakat (sehat mental, harmonis, unggul) (KK2) |
CPL4.3 | Mampu memberikan informasi alternatif penyelesaian masalah psikologis untuk menjaga kondisi kesehatan mental (pemecahan masalah, sehat mental) (KK3) |
CPL4.4 | Mampu berkomunikasi secara persuasif dan terapeutik (aplikasi dan keterampilan lain) (KK4) |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mampu mempromosikan kesejahteraan psikologis individu, keluarga, kelompok, organisasi, masyarakat (sehat mental, harmonis, unggul) [CPL1.6, CPL2.4]
- Mampu membedakan model-model Psikologi dalam perubahan perilaku dan kesehatan [CPL1.6, CPL4.3]
- Mampu merancang program Psikoedukasi langsung maupun tidak langsung (online) untuk komunitas secara terstruktur sesuai dengan prinsip dan model Psikologi [CPL2.4, CPL3.3, CPL4.2]
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama:
- Glanz, K., Rimer, B. K., & Viswanath, K. (Eds.). (2008). Health Behavior and Health Education: Theory, Research, and Practice. John Wiley & Sons.
- Dan sumber-sumber lainnya, baik buku maupun jurnal.
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
METODE PENILAIAN
Peer Feedback : 10%
Ujian Tengah Semester : 35%
Proposal Mini Project (UTS) : 25%
Final Project (UAS) : 30%
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumber Bacaan |
1 | a. Kontrak belajar b. Perkenalan dan pengantar | Ceramah, Diskusi | Glanz et al. (2008) |
2 | Komunitas dan psikoedukasi: Definisi, cakupan dan batasan-batasannya | Ceramah, Diskusi | Glanz et al. (2008) |
3 | Psikoedukasi yang efektif: Strategi persuasi dan pengenalan model | Ceramah, Diskusi | Glanz et al. (2008) |
4 | Model individual: TRA, TPB, IBM | Ceramah, Diskusi | Glanz et al. (2008) |
5 | Model individual: HBM; Transtheoretical Model | Ceramah, Diskusi | Glanz et al. (2008) dan jurnal pilihan |
6 | Dosen tamu: Psikoedukasi pasien dan keluarga | Ceramah, Diskusi |
|
7 | Presentasi proposal: Identifikasi masalah dan strategi persuasi | Presentasi kelompok |
|
Ujian Tengah Semester | |||
8 | Model interpersonal: Social Cognitive Theory (SCT) | Ceramah, Diskusi | Glanz et al. (2008) |
9 | Model komunitas: Social Marketing | Ceramah, Diskusi | Glanz et al. (2008) |
10 | Model komunitas: Model transtheoretical & Socio-ecological model | Ceramah, Diskusi | Glanz et al. (2008) |
11 | Dosen tamu: Psikoedukasi dengan Social Marketing | Ceramah, Diskusi |
|
12 | Mendesain project | Ceramah, Diskusi |
|
13 | Implementasi project | Presentasi kelompok |
|
14 | Evaluasi project dan wrap up | Presentasi kelompok |
|
Ujian Akhir Semester |