[WPSM_AC id=16242]
(2 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar mengenai konflik, strategi manajemen dan resolusi konflik. Manajemen dan resolusi konflik berfokus pada penguasaan konsep yang dipelukan membantu mahasiswa dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan konflik melalui beberapa strategi dalam tataran konflik intrapersonal, interpersonal, intragroup dan intergroup. Selain itu, mata kuliah ini juga dirancang untuk membantu mahasiswa dalam memahami dinamika faktor yang dapat mempengaruhi konflik, serta perannya dalam resolusi konflik baik pada level individu maupun kelompok.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL1.6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (SN6) |
CPL2.4 | Menjunjung tinggi prinsip integritas dan kode etik psikologi dalam konteks akademik dan kehidupan (secara bertanggung jawab) (PP4) |
CPL3.3 | Mampu menghasilkan gagasan dan solusi berdasarkan perspektif Psikologi (pemecahan masalah) (KU3) |
CPL4.2 | Mampu mempromosikan kesejahteraan psikologis individu, keluarga, kelompok, organisasi, masyarakat (sehat mental, harmonis, unggul) (KK2) |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mampu menjelaskan pengertian konflik, resolusi konflik, serta manajemen konflik [CPL1.6, CPL2.4, CPL3.3]
- Mampu mengidentifikasi kasus berdasarkan jenis dan tataran konflik (intrapersonal, interpersonal, intragroup, intergroup) [CPL2.4]
- Mampu mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing strategi resolusi konflik [CPL2.4]
- Mampu menganalisis berbagai faktor pencetus konflik dan perannya dalam proses penyelesaian masalah [CPL1.6, CPL2.4, CPL3.3 CPL4.2]
- Mampu mengaplikasikan teori dan konsep resolusi konflik dalam menyelesaikan suatu konflik dalam kehidupan nyata [CPL1.6, CPL2.4, CPL3.3, CPL4.2]
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama:
- Awaludin. (2006). Peace in Aceh.
- Deutsch, M., Coleman, P. T., & Marcus, E. C. (2006). The handbook of conflict resolution: Theory and practice 2nd edition. John Wiley & Sons.
- McCollum, S. (2009). Character education: Managing conflict resolution. Infobase Publishing.
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
METODE PENILAIAN
Analisis Kasus 1 : 10%
Analisis Kasus 2 : 15%
Analisis Kasus 3 : 15%
Project video : 10%
UTS : Esai reflektif (500 kata) : 20%
UAS : Esai reflektif (1500 kata) : 30%
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumber Bacaan |
1 | ● Perkenalan, gambaran umum perkuliahan/tugas, & kontrak belajar. ● Pengantar Resolusi Konflik | Ceramah, Diskusi | Deutsch et al. (2006) McCollum (2009) |
2 | - Proses terbentuknya konflik. - Gaya manajemen konflik serta aplikasinya dalam berbagai kasus. | Ceramah, Diskusi | Deutsch et al. (2006) McCollum (2009) |
3 | Pengantar konflik intrapersonal dan interpersonal | Ceramah, Diskusi | Deutsch et al. (2006) McCollum (2009) |
4 | Konflik interpersonal | Roleplay |
|
5 | Konflik intra kelompok | Ceramah, Diskusi | Deutsch et al. (2006) McCollum (2009) |
6 | Konflik antar kelompok | Ceramah, Diskusi | Deutsch et al. (2006) McCollum (2009) |
7 | Konflik antar kelompok | Ceramah, Diskusi kasus |
|
Ujian Tengah Semester | |||
8 | Konflik antar kelompok | Praktik | Awaludin (2006) |
9 | Strategi resolusi konflik | Ceramah, Diskusi | Deutsch et al. (2006) |
10 | Strategi resolusi konflik | Ceramah, Diskusi | Materi dosen tamu |
11 | Rekonsiliasi | Ceramah, Diskusi | Deutsch et al. (2006) |
12 | Diskusi persiapan presentasi kelompok | Kerja mandiri |
|
13 | Presentasi kelompok | Presentasi |
|
14 | Presentasi kelompok | Presentasi |
|
Ujian Akhir Semester |