[WPSM_AC id=16242]
(2 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami relevansi budaya dalam memahami dinamika psikologi individu dan masyarakat. Perspektif sebaliknya, relevansi dinamika psikologis individu dan masyarakat pada budaya juga dipelajari. Mata kuliah ini juga memperkenalkan 3 (tiga) aliran utama kajian psikologi dan budaya (psikologi lintas budaya, psikologi indijenus, dan psikologi budaya), dengan penekanan pada aliran psikologi lintas budaya.
Contoh kasus-kasus aplikasi pembahasan psikologi dan budaya antara lain adalah fenomena psikologis seperti perilaku menolong; pertemanan, cinta dan seksualitas; kebahagiaan; kesejahteraan psikologis; definisi sehat dan sakit.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL1.5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (SN5) |
CPL2.1 | Menguasai konsep dan perspektif Psikologi (konsep dan teori) (PP1) |
CPL3.1 | Mampu menerapkan psikologi secara logis, kritis, sistematis dan inovatif (penerapan) (KU1) |
CPL4.3 | Mampu memberikan informasi alternatif dalam pemecahan masalah psikologis untuk menjaga kesehatan mental (pemecahan masalah, kesehatan mental) (KK3) |
CPL4.5 | Mampu menganalisis masalah dan menemukan jawabannya melalui riset keperilakuan (menguasai konsep dan secara bertanggung jawab) (KK5) |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mampu menjelaskan berbagai konsep psikologi dan budaya dalam konteks lokal dan global [CPL1.5, CPL2.1]
- Mampu membedakan pendekatan psikologi budaya dengan pendekatan psikologi indijenus dan psikologi lintas budaya [CPL1.5, CPL3.1]
- Mampu menerapkan pendekatan psikologi dan budaya dalam konteks lokal dan global [CPL1.5, CPL4.3, CPL4.5]
- Mampu menganalisis fenomena sosial psikologis dari perspektif Psikologi lintas budaya [CPL1.5, CPL4.3, CPL4.5]
- Mampu mengkomparasikan fenomena sosial psikologis antar kelompok budaya [CPL1.5, CPL4.5]
- Mampu menunjukkan penghargaan terhadap keanekaragaman budaya [CPL1.5]
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama:
Psychology and Culture
- Kitayama, S., & Cohen, D. (Eds.). (2007). Handbook of cultural psychology.The Guilford Press.
- Yasnitsky, A., Van der Veer, R., & Ferrari, M. (2017). The Cambridge Handbook of Cultural-Historical Psychology. Cambridge University Press
- Berry, J. W., Poortinga, Y.H., Pandey, J. (1997). Handbook of Cross Cultural Psychology. Allyn and Bacon. Ch. 1 and 2.
- (2000). Kebudayaan, Mentalitas dan Pembangunan. Gramedia Pustaka
- Harrison, L., & Huntington, S. (2001). Culture Matters: How Values Shape Human Progress. Basic Books.
Cross cultural, Indigenous, and Cultural Psychology, Acculturation
- Shiraev, E. B., & Levy, D. (2016). Cross-cultural Psychology: Critical Thinking and Contemporary Application 6th Ed. Routledge.
- Greenfield, P. (2000). Three approaches to the psychology of culture. Asian Journal of Social Psychology , 3, 223-240.
- Kiem, U., Yang, K., Hwang K. 2006. Contributions to Indigenous and Cultural Psychology (Introduction). Springer
- Hofstede, G. (2011). Dimensionalizing Culture: The Hofstede Model in Context. Online reading in Psychology and Culture - https://scholarworks.gvsu.edu/orpc/vol2/iss1/8/
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
- Yuniarti, K. (2010). Going through acculturation. Lambert Academic Publishing
- Faturochman, Minza, W. M., Nurjaman, T. A. (2017). Memahami dan Mengembangkan Indigenous Psychology. Pustaka Pelajar
- Hakim, M. A., Thontowi, H. B., Yuniarti, K. W., & Kim, U. (2012). The basis of children’s trust towards their parents in Java, ngemong: Indigenous psychological analysis. International Journal of Research Studies in Psychology, 1(2), 3-16.
METODE PENILAIAN
Ujian Tengah Semester : 20%
Ujian Akhir Semester : 20%
Penampilan kelompok (Case Based) : 45%
Penampilan kelompok (Pop Culture) : 15%
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumber Bacaan |
1 | Perkembangan interaksi antara Psikologi dan Budaya | Ceramah, Diskusi | Referensi 1 dan 2 |
2 | Kognisi, afeksi dan perseptual terkait Psikologi dan Budaya | Ceramah, Diskusi | Referensi 1 dan 2 |
3 | Pendekatan Psikologi terhadap Budaya: Indigenous Psychology | Ceramah, Diskusi | Referensi 7, 8 dan 9 |
4 | Penelitian-penelitian Indigenous Psychology | Ceramah, Diskusi | Referensi 7, 8 , 9, dan 11 |
5 | Pendekatan Psikologi terhadap Budaya: Cross-cultural Psychology | Ceramah, Diskusi | Referensi 2 dan 6 |
6 | Kuliah dosen tamu | Ceramah, Diskusi |
|
7 | Kajian Cross-cultural Psychology relasi pertemanan | Diskusi, Presentasi | Artikel |
Ujian Tengah Semester | |||
8 | Kajian Cross-cultural Psychology cinta dan seksualitas | Diskusi, Presentasi | Artikel |
9 | Kajian Cross-cultural Psychology tentang relasi keluarga | Diskusi, Presentasi | Artikel |
10 | Kajian Cross-cultural Psychology tentang sehat dan sakit | Diskusi, Presentasi | Artikel |
11 | Kajian Cross-cultural Psychology tentang kebahagiaan | Diskusi, Presentasi | Artikel |
12 | Kajian Cross-cultural Psychology tentang kesejahteraan psikologis | Diskusi, Presentasi | Artikel |
13 | Pop culture: Interaksi global-local culture dan akulturasi (1) | Ceramah, Diskusi | Referensi 10 dan 11 |
14 | Pop culture: Interaksi global-local culture dan akulturasi (2) | Presentasi kelompok | Referensi 10 dan 11, Materi mahasiswa |
Ujian Akhir Semester |