[WPSM_AC id=16242]
(2 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini akan memberikan kepada mahasiswa:
- Pengetahuan mengenai konsep-konsep dasar metode penelitian psikologi yang bersifat non-eksperimen/survei maupun eksperimen,
- Kemampuan untuk melakukan analisa terhadap sebuah penelitian berdasarkan pengetahuan konsep-konsep dasar metode penelitian, serta
- Keterampilan dalam menyusun suatu rancangan penelitian survey maupun eksperimen
- Ketrampilan dalam melakukan suatu penelitian survey
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL1.2 | menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (SN2) |
CPL1.8 | menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (SN8) |
CPL1.9 | menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (SN9) |
CPL2.1 | menguasai konsep-konsep utama, perspektif teoritis, temuan empiris, dan historical trends dalam psikologi (PP1) |
CPL2.2 | mampu memahami dan menerapkan metode penelitian dasar psikologi, termasuk rancangan penelitian, analisis data dan interpretasinya. (PP2) |
CPL2.3 | Literasi teknologi informasi dan teknologi data (ketrampilan lain yang mendukung) (PP3) |
CPL2.4 | menjunjung tinggi prinsip integritas dan kode etik psikologi dalam konteks akademik dan kehidupan (secara bertanggung jawab). (PP4) |
CPL3.1 | mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1) |
CPL3.2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (secara bertanggung jawab) (KU2) |
CPL3.3 | mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya (KU3) |
CPL4.4 | mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis, serta membangun hubungan interpersonal yang produktif. (KK4) |
CPL4.5 | mampu melakukan riset yang berlandaskan pada konsep konsep/teori-teori psikologi dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif (KK5) |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mampu menjelaskan konsep-konsep dasar metode penelitian kuantitatif [CPL1.2, CPL1.8, CPL1.9, CPL2.1, CPL2.2, CPL2.3, CPL2.4, CPL3.1, CPL3.2, CPL3.3, CPL4.4, CPL4.5]
- Mampu menjelaskan konsep-konsep dasar metode penelitian psikologi yang bersifat non-eksperimen (survei) [CPL1.2, CPL1.8, CPL1.9, CPL2.1, CPL2.2, CPL2.3, CPL2.4, CPL3.1, CPL3.2, CPL3.3, CPL4.4, CPL4.5]
- Mampu menjelaskan konsep-konsep dasar metode penelitian psikologi yang bersifat eksperimen [CPL1.2, CPL1.8, CPL1.9, CPL2.1, CPL2.2, CPL2.3, CPL2.4, CPL3.1, CPL3.2, CPL3.3, CPL4.4, CPL4.5]
- Mampu menyusun rancangan penelitian survei [CPL1.2, CPL1.8, CPL1.9, CPL2.1, CPL2.2, CPL2.3, CPL2.4, CPL3.1, CPL3.2, CPL3.3, CPL4.4, CPL4.5]
- Mampu menyusun rancangan penelitian eksperimen [CPL1.2, CPL1.8, CPL1.9, CPL2.1, CPL2.2, CPL2.3, CPL2.4, CPL3.1, CPL3.2, CPL3.3, CPL4.4, CPL4.5]
- Mampu melakukan penelitian survei [CPL1.2, CPL1.8, CPL1.9, CPL2.1, CPL2.2, CPL2.3, CPL2.4, CPL3.1, CPL3.2, CPL3.3, CPL4.4, CPL4.5]
- Mampu menyampaikan hasil pemikiran ilmiah secara verbal maupun tertulis [CPL1.2, CPL4.4, CPL4.5]
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama:
- Christensen, L. B., Johnson, R. B., Turner, L. A. (2015). Research methods, design, and analysis. Pearson Education Ltd: London.
- Groves, R. M., Fowler, F. J., Couper, M. P., Lepkowski, J. M., Singer, E., & Tourangeau, R. (2011). Survey Methodology. New Jersey: John Wiley & Sons.
- Kerlinger, F. N., & Lee, H. B. (2000). Foundations of behavioral research: Harcourt College Publishers.
- Shaughnessy, J., Zeichmester, E., & Zeichmester, J. (2012). Research methods in psychology. McGraw Hill Inc: New York, NY.
- American Psychological Association. (2010). Publication manual of the American Psychological Association (6th ed.). Washington, DC: American Psychological Association.
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
- Hastjarjo, T. D ( 2014). Rancangan eksperimen acak. Buletin Psikologi, 2(2), 73-86
- Video Eksperimen Kuasi. https://www.youtube.com/watch?v=mRyXdjrTsa4&list=RDCMUCLm0ICG4fG0dCpET1yt_uoA&index=13
METODE PENILAIAN
Kuis | : 10% |
Review Jurnal | : 15% |
Presentasi Kelompok | : 15% |
Makalah | : 30% |
UTS | : 15% |
UAS | : 15% |
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumber Bacaan |
1 | Konsep dasar survey | Ceramah, Diskusi |
|
2 | Metode dan desain penelitian survey | Ceramah, Diskusi |
|
3 | Perumusan masalah, penyusunan kerangka konsep dan hipotesis | Ceramah, Diskusi |
|
4 | Identifikasi dan pengukuran variable penelitian | Ceramah, Diskusi |
|
5 | Populasi, sampel, sample frame, teknik sampling | Ceramah, Diskusi |
|
6 | Teknik pengumpulan data, melakukan survey | Ceramah, Diskusi, Presentasi |
|
7 | Analisis data dan pelaporan hasil penelitian survey | Ceramah, Diskusi |
|
Ujian Tengah Semester | |||
8 | Konsep dasar eksperimen; Manipulasi Variabel Independen | Ceramah, Diskusi |
|
9 | Pengontrolan variabel extraneous; Validitas internal; Validitas eksternal | Ceramah, Diskusi |
|
10 | Tipe Rancangan eksperimen | Ceramah, Diskusi |
|
11 | Rancangan eksperimen beda subjek | Ceramah, Diskusi |
|
12 | Rancangan eksperimen sama subjek | Ceramah, Diskusi |
|
13 | Rancangan eksperimen campuran | Kuis, Studi Literatur, Tugas Kelompok, Presentasi |
|
14 |
Overview
| Ceramah, Diskusi, Presentasi |
|
Ujian Akhir Semester |