[WPSM_AC id=16242]

(2 SKS)

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini akan memberikan kepada mahasiswa:

  1. Pengetahuan mengenai konsep-konsep dasar metode penelitian psikologi yang bersifat non-eksperimen/survei maupun eksperimen,
  2. Kemampuan untuk melakukan analisa terhadap sebuah penelitian berdasarkan pengetahuan konsep-konsep dasar metode penelitian, serta
  3. Keterampilan dalam menyusun suatu rancangan penelitian survey maupun eksperimen
  4. Ketrampilan dalam melakukan suatu penelitian survey

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

CPL1.2

menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (SN2)

CPL1.8

menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (SN8)

CPL1.9

menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (SN9)

CPL2.1

menguasai konsep-konsep utama, perspektif teoritis, temuan empiris, dan historical trends dalam psikologi (PP1)

CPL2.2

mampu memahami dan menerapkan metode penelitian dasar psikologi, termasuk rancangan penelitian, analisis data dan interpretasinya. (PP2)

CPL2.3

Literasi teknologi informasi dan teknologi data (ketrampilan lain yang mendukung) (PP3)

CPL2.4

menjunjung tinggi prinsip integritas dan kode etik psikologi dalam konteks akademik dan kehidupan (secara bertanggung jawab). (PP4)

CPL3.1

mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang  memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)

CPL3.2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (secara bertanggung jawab) (KU2)

CPL3.3

mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta  evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya (KU3)

CPL4.4

mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis, serta membangun hubungan  interpersonal yang produktif. (KK4)

CPL4.5

mampu melakukan riset yang berlandaskan pada konsep konsep/teori-teori psikologi dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif (KK5)

 

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Mampu menjelaskan konsep-konsep dasar metode penelitian kuantitatif [CPL1.2, CPL1.8, CPL1.9, CPL2.1, CPL2.2, CPL2.3, CPL2.4, CPL3.1, CPL3.2, CPL3.3, CPL4.4, CPL4.5]
  2. Mampu menjelaskan konsep-konsep dasar metode penelitian psikologi yang bersifat non-eksperimen (survei) [CPL1.2, CPL1.8, CPL1.9, CPL2.1, CPL2.2, CPL2.3, CPL2.4, CPL3.1, CPL3.2, CPL3.3, CPL4.4, CPL4.5]
  3. Mampu menjelaskan konsep-konsep dasar metode penelitian psikologi yang bersifat eksperimen [CPL1.2, CPL1.8, CPL1.9, CPL2.1, CPL2.2, CPL2.3, CPL2.4, CPL3.1, CPL3.2, CPL3.3, CPL4.4, CPL4.5]
  4. Mampu menyusun rancangan penelitian survei [CPL1.2, CPL1.8, CPL1.9, CPL2.1, CPL2.2, CPL2.3, CPL2.4, CPL3.1, CPL3.2, CPL3.3, CPL4.4, CPL4.5]
  5. Mampu menyusun rancangan penelitian eksperimen [CPL1.2, CPL1.8, CPL1.9, CPL2.1, CPL2.2, CPL2.3, CPL2.4, CPL3.1, CPL3.2, CPL3.3, CPL4.4, CPL4.5]
  6. Mampu melakukan penelitian survei [CPL1.2, CPL1.8, CPL1.9, CPL2.1, CPL2.2, CPL2.3, CPL2.4, CPL3.1, CPL3.2, CPL3.3, CPL4.4, CPL4.5]
  7. Mampu menyampaikan hasil pemikiran ilmiah secara verbal maupun tertulis [CPL1.2, CPL4.4, CPL4.5]

 

REFERENSI PEMBELAJARAN

Utama:

  1. Christensen, L. B., Johnson, R. B., Turner, L. A. (2015). Research methods, design, and analysis. Pearson Education Ltd: London.
  2. Groves, R. M., Fowler, F. J., Couper, M. P., Lepkowski, J. M., Singer, E., & Tourangeau, R. (2011). Survey Methodology. New Jersey: John Wiley & Sons.
  3. Kerlinger, F. N., & Lee, H. B. (2000). Foundations of behavioral research: Harcourt College Publishers.
  4. Shaughnessy, J., Zeichmester, E., & Zeichmester, J. (2012). Research methods in psychology. McGraw Hill Inc: New York, NY.
  5. American Psychological Association. (2010). Publication manual of the American Psychological Association (6th ed.). Washington, DC: American Psychological Association.

 

Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:

  1. Hastjarjo, T. D ( 2014). Rancangan eksperimen acak. Buletin Psikologi, 2(2), 73-86
  2. Video Eksperimen Kuasi. https://www.youtube.com/watch?v=mRyXdjrTsa4&list=RDCMUCLm0ICG4fG0dCpET1yt_uoA&index=13

 

METODE PENILAIAN

Kuis

: 10%

Review Jurnal

: 15%

Presentasi Kelompok

: 15%

Makalah

: 30%

UTS

: 15%

UAS

: 15%

 

MATERI KULIAH

Sesi

Topik

Metode

Sumber Bacaan

1

Konsep dasar survey

Ceramah, Diskusi

 

2

Metode dan desain penelitian survey

Ceramah, Diskusi

 

3

Perumusan masalah, penyusunan kerangka konsep dan hipotesis

Ceramah, Diskusi

 

4

Identifikasi dan pengukuran variable penelitian

Ceramah, Diskusi

 

5

Populasi, sampel, sample frame, teknik sampling

Ceramah, Diskusi

 

6

Teknik pengumpulan data, melakukan survey

Ceramah, Diskusi, Presentasi

 

7

Analisis data dan pelaporan hasil penelitian survey

Ceramah, Diskusi

 

Ujian Tengah Semester

8

Konsep dasar eksperimen;

Manipulasi Variabel Independen

Ceramah, Diskusi

 

9

Pengontrolan variabel extraneous;

Validitas internal;

Validitas eksternal

Ceramah, Diskusi

 

10

Tipe Rancangan eksperimen

Ceramah, Diskusi

 

11

Rancangan eksperimen beda subjek

Ceramah, Diskusi

 

12

Rancangan eksperimen sama subjek

Ceramah, Diskusi

 

13

Rancangan eksperimen campuran

Kuis, Studi Literatur, Tugas Kelompok, Presentasi

 

14

 

 

Overview

 

 

Ceramah, Diskusi, Presentasi

 

Ujian Akhir Semester