[WPSM_AC id=16242]

(4 SKS)

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini akan memberikan gambaran secara terintegrasi mengenai perspektif, teori, dan karakteristik kesehatan mental yang ada di berbagai area kehidupan sehari-hari. Ranah bahasannya akan mencakup preventif, promotif, kuratif, dan rehabilitatif. Sistem kesehatan mental dan advokasi serta literasi kesehatan mental juga menjadi fokus utama. Mata kuliah ini juga akan membicarakan tentang dasar pemahaman mengenai diri individu, baik dalam kondisi sehat di kehidupan keluarga, sekolah, pekerjaan, masyarakat (komunitas), dan konteks bencana.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

CPL1.3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (SN3);

CPL1.5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (SN5)

CPL1.6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (SN6)

CPL2.1

Menguasai konsep dan perspektif psikologi (PP1)

CPL3.1

Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (KU1)

CPL4.2

Mampu mempromosikan kesejahteraan psikologis individu, keluarga, kelompok, organisasi, masyarakat yang sehat mental, harmonis, dan unggul (KK2)

CPL4.3

Mampu memberikan informasi alternatif penyelesaian masalah psikologis untuk menjaga kondisi kesehatan mental (KK3)

 

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Mampu menjelaskan tentang sehat mental dan gangguan mental, serta tentang kesehatan  mental menurut perspektif sepanjang rentang kehidupan [CPL1.3, CPL2.1, CPL4.3]
  2. Mampu menjelaskan tentang kesehatan mental perspektif mikro dan makro [CPL1.3,  CPL2.1, CPL4.3]
  3. Mampu menunjukkan keterbukaan untuk bekerja multi disiplin (biologi, kedokteran,  farmasi, teknik) [CPL1.3, CPL1.5, CPL1.6]
  4. Mampu mengkritisi penelitian-penelitian kesehatan mental [CPL2.1, CPL3.1, CPL4.3]
  5. Mampu menjelaskan dan mempraktekkan menjaga kesehatan mental [CPL1.3, CPL2.1,  CPL3.1, CPL4.2, CPL4.3]
  6. Mampu membuat project promosi kesehatan mental [CPL1.3, CPL2.1, CPL3.1, CPL4.2,  CPL4.3]

 

REFERENSI PEMBELAJARAN

Utama

  1. Diener, E. & Biswas-Diener, R. (2008). Happiness: Unlocking the Mysteries of Psychological Wealth. Blackwell publishing
  2. Patel, V., Minas, H., Cohen, A., & Prince, M. J. (Eds.). (2013). Global mental health: principles and practice. Oxford University Press.
  3. Retnowati, S. (2009). ’MAKRO” Program: A way to minimize depressive symptoms in teenagers. Anima, vol: 2. no. 1(2).
  4. Santrock, J.W. (2006). Human Adjustment. New York: McGraw-Hill education
  5. Schultz, D.P. (1977). Growth Psychology: Models of the healthy personality. New York: Van Nostrand Reinhold Co.
  6. Sundberg, N.D., Winebarger, A.W., & Taplin, J.R. (2002).Clinical Psychology: Evolving theory, practice and research. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall.
  7. Vaillant, G. Mental Health.American Journal Psychiatry,160 (1373-1384).http://ajp.psychiatryonline.org/article.aspx?Volume=160&page=1373&journalID=13
  8. Weiten, W., Dunn,D.S., & Hammer, H.Y. (2012). Applied Psychology to Modern Life.Adjustment in the 21st century. Belmont, USA: Wadsworth Cengage Learning. Chapter 16.
  9. WHO: social determinant of mental health
  10. Jiwa Sehat, Negara Kuat (Setiyawati, Subandi dalam Pols, Good and Good)

 

Referensi tambahan

Chapter Buku dan Artikel-artikel jurnal yang akan diberikan sepanjang pembelajaran

 

Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:

 

METODE PENILAIAN

Project Individu           : 15%

Project Kelompok        : 35%

UTS                              : 20%

UAS                              : 30%

 

MATERI KULIAH

Sesi

Topik

Metode

Sumber Bacaan

1

Sejarah, Arti, dan Konsep Kesehatan Mental

Pleno/ ceramah

Dosen tamu

Diskusi

 

2

 

3

Penyesuaian Diri: Teori penyesuaian diri, aspek-aspek dan dinamika

 

Pleno/

ceramah + video klip

Jigsaw learning

Diskusi kelompok

 

4

 

5

Psychological Distress, dan Coping

Ceramah

Jigsaw learning

Diskusi kelompok

 

6

 

7

Resilience, Stress related growth, PTG

Presentasi Karya

Diskusi

 

8

 

9

Social determinant of mental health

Ceramah, Diskusi

 

10

 

11

Stigma dan mental health literacy

 

Kuliah/ ceramah

Studi kasus (kasus orang-orang terkenal dengan strong personality)

Introspektif

 

12

 

13

Promosi dan Prevensi Kesehatan mental

 

14

 

 

 

UTS

 

 

15

Global Mental Health dan Hubungan Mental Health & Human Right dan teknik dasar Advokasi

Kuliah/ ceramah

Introspektif

 

16

 

17

Kesehatan mental keluarga

Kuliah

Diskusi jigsaw

Latihan

 

18

 

19

Kesehatan mental sekolah

 

20

 

21

Kesehatan Mental di dalam dunia kerja

 

22

 

23

Kesehatan mental masyarakat: Scaling up of mental health service: psikolog puskesmas dan kader kesehatan mental

 

24

 

25

Kesehatan mental dan bencana

 

26

 

27

Presentasi proposal Advokasi

 

28

 

Ujian Akhir Semester