[WPSM_AC id=16242]
(4 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini akan memberikan gambaran secara terintegrasi mengenai perspektif, teori, dan karakteristik kesehatan mental yang ada di berbagai area kehidupan sehari-hari. Ranah bahasannya akan mencakup preventif, promotif, kuratif, dan rehabilitatif. Sistem kesehatan mental dan advokasi serta literasi kesehatan mental juga menjadi fokus utama. Mata kuliah ini juga akan membicarakan tentang dasar pemahaman mengenai diri individu, baik dalam kondisi sehat di kehidupan keluarga, sekolah, pekerjaan, masyarakat (komunitas), dan konteks bencana.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL1.3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (SN3); |
CPL1.5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (SN5) |
CPL1.6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (SN6) |
CPL2.1 | Menguasai konsep dan perspektif psikologi (PP1) |
CPL3.1 | Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (KU1) |
CPL4.2 | Mampu mempromosikan kesejahteraan psikologis individu, keluarga, kelompok, organisasi, masyarakat yang sehat mental, harmonis, dan unggul (KK2) |
CPL4.3 | Mampu memberikan informasi alternatif penyelesaian masalah psikologis untuk menjaga kondisi kesehatan mental (KK3) |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mampu menjelaskan tentang sehat mental dan gangguan mental, serta tentang kesehatan mental menurut perspektif sepanjang rentang kehidupan [CPL1.3, CPL2.1, CPL4.3]
- Mampu menjelaskan tentang kesehatan mental perspektif mikro dan makro [CPL1.3, CPL2.1, CPL4.3]
- Mampu menunjukkan keterbukaan untuk bekerja multi disiplin (biologi, kedokteran, farmasi, teknik) [CPL1.3, CPL1.5, CPL1.6]
- Mampu mengkritisi penelitian-penelitian kesehatan mental [CPL2.1, CPL3.1, CPL4.3]
- Mampu menjelaskan dan mempraktekkan menjaga kesehatan mental [CPL1.3, CPL2.1, CPL3.1, CPL4.2, CPL4.3]
- Mampu membuat project promosi kesehatan mental [CPL1.3, CPL2.1, CPL3.1, CPL4.2, CPL4.3]
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama
- Diener, E. & Biswas-Diener, R. (2008). Happiness: Unlocking the Mysteries of Psychological Wealth. Blackwell publishing
- Patel, V., Minas, H., Cohen, A., & Prince, M. J. (Eds.). (2013). Global mental health: principles and practice. Oxford University Press.
- Retnowati, S. (2009). ’MAKRO” Program: A way to minimize depressive symptoms in teenagers. Anima, vol: 2. no. 1(2).
- Santrock, J.W. (2006). Human Adjustment. New York: McGraw-Hill education
- Schultz, D.P. (1977). Growth Psychology: Models of the healthy personality. New York: Van Nostrand Reinhold Co.
- Sundberg, N.D., Winebarger, A.W., & Taplin, J.R. (2002).Clinical Psychology: Evolving theory, practice and research. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall.
- Vaillant, G. Mental Health.American Journal Psychiatry,160 (1373-1384).http://ajp.psychiatryonline.org/article.aspx?Volume=160&page=1373&journalID=13
- Weiten, W., Dunn,D.S., & Hammer, H.Y. (2012). Applied Psychology to Modern Life.Adjustment in the 21st century. Belmont, USA: Wadsworth Cengage Learning. Chapter 16.
- WHO: social determinant of mental health
- Jiwa Sehat, Negara Kuat (Setiyawati, Subandi dalam Pols, Good and Good)
Referensi tambahan
Chapter Buku dan Artikel-artikel jurnal yang akan diberikan sepanjang pembelajaran
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
METODE PENILAIAN
Project Individu : 15%
Project Kelompok : 35%
UTS : 20%
UAS : 30%
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumber Bacaan |
1 | Sejarah, Arti, dan Konsep Kesehatan Mental | Pleno/ ceramah Dosen tamu Diskusi |
|
2 |
| ||
3 | Penyesuaian Diri: Teori penyesuaian diri, aspek-aspek dan dinamika
| Pleno/ ceramah + video klip Jigsaw learning Diskusi kelompok |
|
4 |
| ||
5 | Psychological Distress, dan Coping | Ceramah Jigsaw learning Diskusi kelompok |
|
6 |
| ||
7 | Resilience, Stress related growth, PTG | Presentasi Karya Diskusi |
|
8 |
| ||
9 | Social determinant of mental health | Ceramah, Diskusi |
|
10 |
| ||
11 | Stigma dan mental health literacy |
Kuliah/ ceramah Studi kasus (kasus orang-orang terkenal dengan strong personality) Introspektif |
|
12 |
| ||
13 | Promosi dan Prevensi Kesehatan mental |
| |
14 |
|
| |
| UTS |
|
|
15 | Global Mental Health dan Hubungan Mental Health & Human Right dan teknik dasar Advokasi | Kuliah/ ceramah Introspektif |
|
16 |
| ||
17 | Kesehatan mental keluarga | Kuliah Diskusi jigsaw Latihan |
|
18 |
| ||
19 | Kesehatan mental sekolah |
| |
20 |
| ||
21 | Kesehatan Mental di dalam dunia kerja |
| |
22 |
| ||
23 | Kesehatan mental masyarakat: Scaling up of mental health service: psikolog puskesmas dan kader kesehatan mental |
| |
24 |
| ||
25 | Kesehatan mental dan bencana |
| |
26 |
| ||
27 | Presentasi proposal Advokasi |
| |
28 |
| ||
Ujian Akhir Semester |