[WPSM_AC id=16242]

(3 SKS)

DESKRIPSI MATA KULIAH

Pemahaman tentang teori-teori kepribadian merupakan langkah awal bagi mahasiswa Fakultas Psikologi untuk bekal teoritis dalam asesmen dan merancang intervensi psikologi maupun dalam penelitian psikologi. Mata kuliah ini diberikan pada semester 2 sebagai kelanjutan dari Mata Kuliah Psikologi Dasar. Mata kuliah ini memberikan informasi tentang terbentuknya kepribadian seseorang dan landasan neural pada kepribadian, dan disajikan berdasarkan urutan tokoh berdasar perspektif tertentu. Proses belajar dilakukan secara kolaboratif melalui presentasi dan diskusi materi, diskusi tentang kasus, dan presentasi rancangan edukasi untuk masyarakat di kelas.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

CPL1.5

Menunjukkan penghargaan atas keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (SN5)

CPL2.1

Dapat menyebutkan konsep dan perspektif Psikologi tentang Teori Kepribadian (konsep dan teori) (PP1)

CPL3.1

Dapat menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi) (KU1)

CPL3.3

Dapat menghasilkan gagasan dan solusi berdasarkan perspektif Psikologi (pemecahan masalah) (KU3)

CPL4.1

Dapat mengidentifikasi perilaku manusia dari kasus berdasarkan teori yang sudah dipelajari (aplikasi). (KK1)

CPL4.3

Dapat memberikan informasi alternatif penyelesaian masalah psikologis untuk menjaga kondisi kesehatan mental (pemecahan masalah, sehat mental) (KK3)

 

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Mahasiswa dapat menggambarkan keanekaragaman budaya yang menjadi latar  belakang teori, dan membandingkan dengan teori dengan latar belakang budaya  Timur.( [CPL1.5]
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan teori-teori kepribadian yang diajukan oleh tokoh tokoh yang dibahas.(PP 1) dan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari [CPL2.1]
  3. Mahasiswa dapat menganalisis kepribadian seseorang (kasus) berdasarkan teori  tertentu yang dipelajari. [CPL3.1, CPL4.1]
  4. Mahasiswa dapat memberikan informasi tentang pribadi sehat yang mendukung  kesehatan mental berdasarkan teori tertentu. [CPL3.1, CPL4.1]
  5. Mahasiswa dapat melakukan pemecahan masalah persoalan kepribadian (kasus)  [CPL2.1, CPL3.1, CPL4.1]
  6. Mahasiswa dapat memaparkan ilmunya dalam dengan cara merancang edukasi pada  masyarakat dalam bentuk infografis [SN5, KU1, KK1]

 

REFERENSI PEMBELAJARAN

Utama:

  1. Feist, J., Feist, G.J.,  & Roberts, T. (2018). Theories of Personality 9th ed. McGraw-Hill Education.
  2. Ki Ageng Suryomentaram. Kawruh jiwa.
  3. Schultz, D.P., & Schultz, S. E. (2013). Theories of Personality. Wadsworth.

 

Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:

  1. Video Teori Anchor oleh Dr. Bagus Riyono, M.A., Psikolog. https://www.youtube.com/watch?v=10mq8m38eqM&list=RDCMUCLm0ICG4fG0dCpET1yt_uoA&index=7
  2. Video Social Learning Theory. https://www.youtube.com/watch?v=58ZCkZdv7IY&list=RDCMUCLm0ICG4fG0dCpET1yt_uoA&index=8
  3. Video Reinforcement Theory. https://www.youtube.com/watch?v=1Yy_xlwvZns&list=RDCMUCLm0ICG4fG0dCpET1yt_uoA&index=6
  4. Video Psychoanalysis Theory. https://www.youtube.com/watch?v=ouAhMyxJb04&list=RDCMUCLm0ICG4fG0dCpET1yt_uoA&index=3
  5. Video Analytical Psychology. https://www.youtube.com/watch?v=7AXL1BhJ25c&list=RDCMUCLm0ICG4fG0dCpET1yt_uoA&index=2
  6. Video Person-Centered Therapy. https://www.youtube.com/watch?v=wT0NdzlL9rI&list=RDCMUCLm0ICG4fG0dCpET1yt_uoA&index=14

 

METODE PENILAIAN

UTS, UAS, Kuis                                  : 50%

Presentasi kelompok tentang teori : 15%

Analisis kasus  dan (kelompok)        : 15%

Rancangan edukasi masyarakat       : 20%

 

MATERI KULIAH

Sesi

Topik

Metode

Sumber Bacaan

1

a.   Kontrak Belajar dan Pengantar

b.   Teori, Manfaat Teori, Dimensi Teori Kepribadian

c.   Perspektif Teori

Flip-learning

Ref 1 & 3

2

Pendekatan Psikoanalitik

Psychoanalytic Theory: Sigmund Freud

Presentasi kelompok, QnA

Ref 1 & 3

3

Pendekatan Neopsikoanalitik

Analytic Psychology: Carl Jung

Presentasi kelompok, QnA

Ref 1 & 3

4

Pendekatan Neopsikoanalitik

Individual Psychology: Alfred Adler

Presentasi kelompok, QnA

Ref 1 & 3

5

Pendekatan Neopsikoanalitik

Neurotic Needs and Trends: Karen Horney

Presentasi kelompok, QnA

Ref 1 & 3

6

Pendekatan Neopsikoanalitik

Personology: Henry Murray

Presentasi kelompok, QnA

Ref 3

7

Pendekatan Trait dan Genetika Kepribadian

Landasan neural kepribadian

Motivation and Personality: Gordon Allport

Presentasi kelompok, QnA

Ref 1 & 3

Ujian Tengah Semester

8

Pendekatan Trait/Disposisi

Teori Trait: Raymond Cattell

Presentasi kelompok, QnA

Ref 1 & 3

9

Pendekatan Trait

The Five-Factor Model: Robert McCrae dan Paul Costa

Presentasi kelompok, QnA

Ref 1 & 3

10

Pendekatan Humanistik

Needs Hierarchy Theory: Abraham Maslow

Presentasi kelompok, QnA

Ref 1 & 3

11

Teori Humanistik

Self Actualization Theory: Carl Rogers

Presentasi kelompok, QnA

Ref 1 & 3

12

Pendekatan  Behavioristik

Reinforcement Theory: B.F. Skinner

Presentasi kelompok, QnA

Ref 1 & 3

13

Pendekatan Social Learning

Modeling Theory: Albert Bandura

Presentasi kelompok, QnA

Ref 1 & 3

14

Pendekatan Psikologi Timur

Ajaran Ki Ageng Suryomentaram

Ceramah

Ref 2

Ujian Akhir Semester