[WPSM_AC id=16242]
(3 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Pemahaman tentang teori-teori kepribadian merupakan langkah awal bagi mahasiswa Fakultas Psikologi untuk bekal teoritis dalam asesmen dan merancang intervensi psikologi maupun dalam penelitian psikologi. Mata kuliah ini diberikan pada semester 2 sebagai kelanjutan dari Mata Kuliah Psikologi Dasar. Mata kuliah ini memberikan informasi tentang terbentuknya kepribadian seseorang dan landasan neural pada kepribadian, dan disajikan berdasarkan urutan tokoh berdasar perspektif tertentu. Proses belajar dilakukan secara kolaboratif melalui presentasi dan diskusi materi, diskusi tentang kasus, dan presentasi rancangan edukasi untuk masyarakat di kelas.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL1.5 | Menunjukkan penghargaan atas keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (SN5) |
CPL2.1 | Dapat menyebutkan konsep dan perspektif Psikologi tentang Teori Kepribadian (konsep dan teori) (PP1) |
CPL3.1 | Dapat menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi) (KU1) |
CPL3.3 | Dapat menghasilkan gagasan dan solusi berdasarkan perspektif Psikologi (pemecahan masalah) (KU3) |
CPL4.1 | Dapat mengidentifikasi perilaku manusia dari kasus berdasarkan teori yang sudah dipelajari (aplikasi). (KK1) |
CPL4.3 | Dapat memberikan informasi alternatif penyelesaian masalah psikologis untuk menjaga kondisi kesehatan mental (pemecahan masalah, sehat mental) (KK3) |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mahasiswa dapat menggambarkan keanekaragaman budaya yang menjadi latar belakang teori, dan membandingkan dengan teori dengan latar belakang budaya Timur.( [CPL1.5]
- Mahasiswa dapat menjelaskan teori-teori kepribadian yang diajukan oleh tokoh tokoh yang dibahas.(PP 1) dan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari [CPL2.1]
- Mahasiswa dapat menganalisis kepribadian seseorang (kasus) berdasarkan teori tertentu yang dipelajari. [CPL3.1, CPL4.1]
- Mahasiswa dapat memberikan informasi tentang pribadi sehat yang mendukung kesehatan mental berdasarkan teori tertentu. [CPL3.1, CPL4.1]
- Mahasiswa dapat melakukan pemecahan masalah persoalan kepribadian (kasus) [CPL2.1, CPL3.1, CPL4.1]
- Mahasiswa dapat memaparkan ilmunya dalam dengan cara merancang edukasi pada masyarakat dalam bentuk infografis [SN5, KU1, KK1]
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama:
- Feist, J., Feist, G.J., & Roberts, T. (2018). Theories of Personality 9th ed. McGraw-Hill Education.
- Ki Ageng Suryomentaram. Kawruh jiwa.
- Schultz, D.P., & Schultz, S. E. (2013). Theories of Personality. Wadsworth.
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
- Video Teori Anchor oleh Dr. Bagus Riyono, M.A., Psikolog. https://www.youtube.com/watch?v=10mq8m38eqM&list=RDCMUCLm0ICG4fG0dCpET1yt_uoA&index=7
- Video Social Learning Theory. https://www.youtube.com/watch?v=58ZCkZdv7IY&list=RDCMUCLm0ICG4fG0dCpET1yt_uoA&index=8
- Video Reinforcement Theory. https://www.youtube.com/watch?v=1Yy_xlwvZns&list=RDCMUCLm0ICG4fG0dCpET1yt_uoA&index=6
- Video Psychoanalysis Theory. https://www.youtube.com/watch?v=ouAhMyxJb04&list=RDCMUCLm0ICG4fG0dCpET1yt_uoA&index=3
- Video Analytical Psychology. https://www.youtube.com/watch?v=7AXL1BhJ25c&list=RDCMUCLm0ICG4fG0dCpET1yt_uoA&index=2
- Video Person-Centered Therapy. https://www.youtube.com/watch?v=wT0NdzlL9rI&list=RDCMUCLm0ICG4fG0dCpET1yt_uoA&index=14
METODE PENILAIAN
UTS, UAS, Kuis : 50%
Presentasi kelompok tentang teori : 15%
Analisis kasus dan (kelompok) : 15%
Rancangan edukasi masyarakat : 20%
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumber Bacaan |
1 | a. Kontrak Belajar dan Pengantar b. Teori, Manfaat Teori, Dimensi Teori Kepribadian c. Perspektif Teori | Flip-learning | Ref 1 & 3 |
2 | Pendekatan Psikoanalitik Psychoanalytic Theory: Sigmund Freud | Presentasi kelompok, QnA | Ref 1 & 3 |
3 | Pendekatan Neopsikoanalitik Analytic Psychology: Carl Jung | Presentasi kelompok, QnA | Ref 1 & 3 |
4 | Pendekatan Neopsikoanalitik Individual Psychology: Alfred Adler | Presentasi kelompok, QnA | Ref 1 & 3 |
5 | Pendekatan Neopsikoanalitik Neurotic Needs and Trends: Karen Horney | Presentasi kelompok, QnA | Ref 1 & 3 |
6 | Pendekatan Neopsikoanalitik Personology: Henry Murray | Presentasi kelompok, QnA | Ref 3 |
7 | Pendekatan Trait dan Genetika Kepribadian Landasan neural kepribadian Motivation and Personality: Gordon Allport | Presentasi kelompok, QnA | Ref 1 & 3 |
Ujian Tengah Semester | |||
8 | Pendekatan Trait/Disposisi Teori Trait: Raymond Cattell | Presentasi kelompok, QnA | Ref 1 & 3 |
9 | Pendekatan Trait The Five-Factor Model: Robert McCrae dan Paul Costa | Presentasi kelompok, QnA | Ref 1 & 3 |
10 | Pendekatan Humanistik Needs Hierarchy Theory: Abraham Maslow | Presentasi kelompok, QnA | Ref 1 & 3 |
11 | Teori Humanistik Self Actualization Theory: Carl Rogers | Presentasi kelompok, QnA | Ref 1 & 3 |
12 | Pendekatan Behavioristik Reinforcement Theory: B.F. Skinner | Presentasi kelompok, QnA | Ref 1 & 3 |
13 | Pendekatan Social Learning Modeling Theory: Albert Bandura | Presentasi kelompok, QnA | Ref 1 & 3 |
14 | Pendekatan Psikologi Timur Ajaran Ki Ageng Suryomentaram | Ceramah | Ref 2 |
Ujian Akhir Semester |