Abstrak:
Metode pembelajaran kooperatif berdampak bukan saja pada ranah akademik, tapi juga pada ranah non-akademik seperti keterampilan hubungan interpersonal dan kerjasama klompok. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak salah satu dari variasi metode pembelajaran kooperatif, yaitu metode Team Assisted Individualization, terhadap prestasi belajar statistika pada mahasiswa Fakultas Psikologi. Dengan asumsi bahwa kemampuan numerik berkorelasi positif dengan prestasi belajar statistika, maka kemampuan numerik responden dikontrol pengaruhnya secara statistik.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan post-test only control group design. Cluster sampling digunakan untuk mengambil dua dari empat kelas paralel matakuliah statistika; kemudian secara acak satu kelas (kelompok eksperimen) diajar dengan metode Team Assisted Individualization dan kelas lainnya (kelompok kontrol) diajar dengan metode konvensional. Kedua kelompok responden tersebut dites kemampuan numeriknya sebelum perlakuan diberikan. Pembelajaran dengan metode pembelajaran yang berbeda terhadap kedua kelompok mahasiswa tersebut dilakukan sebanyak lima kali pertemuan (perkuliahan).
Setelah menjalani perlakuan pembelajaran berbeda kedua kelompok responden diuji penguasaannya terhadap materi matakuliah statistika yang mereka peroleh melalui soal ujian tengah semester. Nilai ujian tengah semester matakuliah statistika antara kedua kelompok dibandingkan dengan menggunakan teknik analisis statistik Anakova Satu Jalur, dengan nilai kemampuan numerik sebagai kovariabel. Berdasar hasil analisis diperoleh nilai F residu antara kedua kelompok sebesar 10,459 dengan p < 0,01. Rata-rata residu prestasi belajar Kelas A = 6,997 dan Kelas B = 5,464. Selain itu juga ditemukan adanya korelasi yang sangat signifikan antara kemampuan numerik dan prestasi belajar statistika (Fregresi = 43,483, partial eta squared = 0,316 dengan p< 0,01).
Kesimpulan penelitian: Ada perbedaan prestasi belajar statistika yang sangat signifikan antara kelompok mahasiswa yang diajar dengan metode T.A.I. dengan kelompok mahasiswa yang diajar dengan metode konvensional. Kelompok mahasiswa yang diajar dengan metode T.A.I. rata-rata prestasinya lebih tinggi daripada kelompok yang diajar dengan metode konvensional.
kata kunci: Team Assisted Individualization, Hasil Belajar Statistika, Kemampuan Numerik