Peneliti : Prof. Dr. Amitya Kumara, MS
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian payung yang bertujuan untuk melihat pengaruh pelatihan Program Menciptakan Kelas Bersahabat terhadap peningkatan kemampuan pengelolaan kelas dan kompetensi guru dalam membangun kelas yang aman dan nyaman, serta pengaruh penerapan program tersebut terhadap penurunan agresivitas dan peningkatan prososial pada siswa Taman Kanak-Kanak (TK). Program “Menciptakan Kelas Bersahabat” merupakan salah satu upaya pencegahan terhadap perilaku bullying. Subjek penelitian adalah guru dan siswa di dua Taman Kanak-kanak di Sleman.
Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi untreated control group design with pre-test and post-test. Sebanyak tujuh aktivitas kelas dilaksanakan selama tujuh hari. Setiap hari guru akan menerapkan satu aktivitas dengan durasi ± 30 menit. Sebelum program dimulai, guru kelas pada kelompok eksperimen akan diberi pelatihan mengenai latar belakang, dasar pemikiran, serta prosedur penerapan program. Pengukuran variabel-variabel penelitian akan dilakukan pada saat sebelum dan setelah program diterapkan. Modul pelatihan dan modul program disusun berdasarkan manual The Anti Bullying and Teasing Program for Preschool Classroom.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan guru mengenai Program Menciptakan Kelas Bersahabat dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kelas dan kompetensi guru dalam membangun kelas yang aman dan nyaman. Selanjutnya, penerapan program oleh guru di kelas dapat menurunkan agresivitas siswa dan meningkatkan prososial siswa di TK.
Kata kunci : Pengelolaan kelas, Kompetensi guru, Agresivitas, Prososial, Taman Kanak-kanak, Program Menciptakan Kelas Bersahabat