Efikasi Mengajar Sebagai Mediator Peranan Faktor Kepribadian Terhadap Performansi Mengajar Guru

M. Noor Rochman Hadjam dan Wahyu Widhiarso
Universitas Gadjah Mada

Abstrak

Hasil-hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan kepribadian terhadap perilaku (c.q. performansi kerja) relatif rendah yang disebabkan oleh karakteristik konstrak kepribadian yang masih konseptual. Peranan yang bertahap dari konstrak kepribadian menuju konstrak yang lebih operasional yang berfungsi sebagai mediator antara konstrak kepribadian dengan konstrak perilaku kriteria menjadi satu solusi yang potensial. Penelitian ini mewadahi potensi tersebut dengan menguji peranan efikasi mengajar sebagai mediator hubungan antara faktor kepribadian dengan performansi mengajar yang optimal. Konstrak faktor kepribadian yang dilibatkan adalah Kepribadian Lima Faktor (Big Five Personality). Partisipan dalam penelitian ini adalah 142 orang guru yang merupakan perwakilan dari propinsi di Indonesia. Instrumen pengukuran yang diberikan adalah Skala Kepribadian Lima Faktor, Skala Efikasi mengajar dan Skala Performansi Mengajar. Penelitian ini menemukan bahwa peranan faktor kepribadian secara tidak langsung lebih mampu menjelaskan variasi performansi mengajar guru dibanding dengan peranan secara langsung. Kesimpulan tersebut didasarkan pada dua hasil analisis yaitu : (1) hasil analisis regresi bertahap, pada tahap akhir menunjukkan bahwa masuknya faktor-faktor efikasi mengajar dalam persamaan menurunkan peranan faktor-faktor kepribadian terhadap performansi mengajar guru (delta F=17,81; p<0,01; delta R2=21,8%). Melalui perbandingan nilai koefisien dua jenis peranan (peranan langsung vs tidak langsung) pada pemodelan persamaan struktural (SEM) menghasilkan informasi bahwa peranan tidak langsung lebih signifikan dibanding dengan peranan langsungnya. Temuan tersebut berlaku pada kelima faktor kepribadian yang dilibatkan. Secara umum penelitian ini memberikan masukan bahwa konstrak kepribadian memiliki cakupan yang luas sehingga memerlukan konstrak lain yang lebih spesifik menjadi mediator dalam menjelaskan perilaku kriteria.

Kata Kunci : Kepribadian Lima Faktor, Efikasi Mengajar, Performansi Mengajar, Peranan Tidak Langsung,

Recently researches results indicate that the role of personality on behavior (c.q. job performance) is relatively small due to personality characteristics construct that conceptual and broad traits. Gradual effect of personality into behavior criteria via operational construct or narrower traits as a mediator, become potential solution. This study embodies that concept to test the role of teaching efficacy as a mediator relationship between personality factors and optimal teaching performance. Construct personality factor involved is Big Five personality. Participants in this study were 142 teachers who are representatives of the provinces in Indonesia. Measurement instruments are Five Factors Personality Scale, teaching efficacy Scale and Teaching Performance Scale. This study suggest that the role of personality factors in directly effect is better to explain variations in teaching performance than directly effect. This conclusions are based on two results of the statistical analysis: (1) results from hierarchical regression analysis indicates that at final stage, entering factors of teaching efficacy has reduced the role of all five factors of personality to the teaching performance of teachers (delta F = 17.81 p<0.01; delta R2 = 21.8%). Comparison of coefficient value from two types of effect (direct effect versus indirect effect) in structural equation modeling (SEM), suggest that the indirect effect coefficient more significant than direct effect. These findings is relevant to all five personality factors that are entered in system analysis. In general, our findings suggest that construct personality has a broad scope that require other construct more specific or narrower trait as a mediator in explaining the behavior of the criteria.

Key Words : Big Five Personality, Teching Efficacy, Teaching Performance, Indirect Effect, Mediator