Peranan Kecakapan Hidup Terhadap Kualitas Kesehatan Mental Individu

Peneliti : Prof. Dr. M Noor Rochman Hadjam, SU

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menguji model konseptual yang menunjukkan peranan kecakapan hidup individu terhadap kesehatan mentalnya. Partisipan penelitian ini adalah guru (N=260) dari berbagai propinsi di Indonesia yang sedang mengikuti acara Diknas di Jakarta. Pengukuran kecakapan hidup dilakukan dengan menggunakan Skala Kecakapan Hidup sedangkan kesehatan mental diukur dengan menggunakan yang memiliki enam dimensi kecakapan hidup sedangkan pengukuran kesehatan mental dilakukan dengan menggunakan Skala Kepuasan Hidup dan Skala Kualitas Hidup. Model pengukuran kedua variabel tersebut diuji model pengukurannya Persamaan Model Struktural/SEM yang menghasilkan model yang tepat (χ2=23.20; p>0.05 dan χ2=11.54; p>0.05). Analisis dengan menggunakan SEM menunjukkan bahwa model yang dikembangkan peneliti memiliki indeks ketepatan model yang tinggi (χ2=52.13; p>0.05). Peranan kecakapan hidup yang memuat enam dimensi: kecakapan emosi, kecakapan sosial, penghargaan diri, komunikasi, berpikir kritis, dan pengatasan masalah mampu memprediksi besarnya kesehatan mental individu. Hasil penelitian ini memberikan dukungan yang kuat terhadap kegiatan peningkatan kualitas kesehatan mental individu melalui program peningkatan kecakapan hidup.