[WPSM_AC id=16242]
(2 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan proses rekrutmen dan seleksi calon karyawan. Dalam mata kuliah ini dipelajari dua topik utama, yaitu konstruk psikologis yang menjadi acuan dalam seleksi karyawan dan metode asesmen yang bisa dilakukan untuk mengukur tingkat kualitas dari konstruk-konstruk tersebut.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL1.9 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (SN9) |
CPL2.1 | Menguasai konsep dan perspektif psikologi (konsep dan teori). (PP1) |
CPL3.3 | Mampu menghasilkan gagasan dan solusi berdasarkan perspektif Psikologi (pemecahan masalah). (KU3) |
CPL4.3 | Mampu memberikan informasi alternatif penyelesaian masalah psikologis untuk menjaga kondisi kesehatan mental (pemecahan masalah, sehat mental). (KK3) |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Memahami konsep dan inidkator General Mental Ability (GMA). [CPL1.9, CPL2.1, CPL3.3, CPL4.3]
- Memahami konsep dan inidkator kepribadian. [CPL1.9, CPL2.1, CPL3.3, CPL4.3]
- Memahami konsep dan inidkator kepemimpinan. [CPL1.9, CPL2.1, CPL3.3, CPL4.3]
- Memahami konsep dan inidkator kreativitas. [CPL1.9, CPL2.1, CPL3.3, CPL4.3]
- Memahami konsep dan inidkator talent. [CPL1.9, CPL2.1, CPL3.3, CPL4.3]
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama:
Buku pegangan
Artikel
Tambahan:
Sumber online
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
- Video Pemeriksaan Psikologis. https://www.youtube.com/watch?v=in5wc27Qzv0
- Video Leaderless Group DIscussion. https://www.youtube.com/watch?v=PBdU5rbDn_Y&list=RDCMUCLm0ICG4fG0dCpET1yt_uoA&index=9
- Video BEI (Behavioral Event Interview). https://www.youtube.com/watch?v=Ojf-6CCCBW0&list=RDCMUCLm0ICG4fG0dCpET1yt_uoA&index=16
- Video Rekrutmen dan Seleksi. https://www.youtube.com/watch?v=JZBSFwIvkU4&list=RDCMUCLm0ICG4fG0dCpET1yt_uoA&index=36
METODE PENILAIAN
Tugas Individu : 50%
UTS : 25%
UAS : 50%
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumber Bacaan |
1 | Overview Matakuliah; Pengantar Rekrutmen dan seleksi | Ceramah & Diskusi |
|
2 | ● Konsep, teori, dan indikator general mental ability ● Penggunaan general mental ability |
| |
3 | ● Konsep, teori, dan indikator kepribadian. ● Penggunaan tes kepribadian dalam proses rekrutmen dan seleksi. ● Kelebihan dan kekurangan tes kepribadian dalam proses rekrutmen dan seleksi. |
| |
4 | ● Konsep, teori, dan indikator kepemimpinan. ● Pengenalan competency inventory. |
| |
5 | Definisi, konsep, teori, dan indikator kreativitas. |
| |
6 | ● Pentingnya GMA dalam proses rekrutmen dan seleksi. ● Pengaruh kepribadian terhadap pekerjaan seorang individu. ● Kreativitas ● Kepemimpinan |
| |
7 | Konsep, teori, dan indikator talent. |
| |
Ujian Tengah Semester | |||
8 | Konsep, teori, dan indikator dalam metode asesmen tradisional. | Ceramah & Diskusi |
|
9 | Konsep, teori, dan indikator dalam metode wawancara. |
| |
10 | Konsep, teori, dan indikator dalam metode tertulis. |
| |
11 | Konsep, teori, dan indikator dalam metode surat rekomendasi. |
| |
12 | Konsep, teori, dan indikator dalam biodata. |
| |
13 | Definisi, konsep, teori, dan indikator dalam situational judgement dan IPK. |
| |
14 | Definisi, konsep, teori, dan indikator dalam praktik metode asesmen. |
| |
Ujian Akhir Semester |