[WPSM_AC id=16242]

(2 SKS)

DESKRIPSI MATA KULIAH

Pada dasarnya mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah Rentang Perkembangan Manusia, dengan memperdalam pembahasan perkembangan pada periode-periode awal kehidupan. Dalam ilmu perkembangan manusia, periode awal perkembangan merupakan masa yang sangat krusial yang menentukan kualitas individu pada masa-masa selanjutnya, sebab puncak perkembangan baik pada aspek fisik, kognitif, maupun psikososial terjadi pada masa ini.

Mata Kuliah ini akan mengupas perkembangan dalam aspek-aspek fisik, kognitif, dan psikososial, meliputi karakteristik perkembangan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya termasuk faktor-faktor risiko maupun protektif. Selain itu, mahasiswa juga mempelajari tentang pentingnya melakukan deteksi perkembangan dengan mengacu pada developmental milestone dan memberikan stimulasi yang tepat untuk mengoptimalkan perkembangan.

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini akan menggunakan Project-based learning. Setelah mempelajari tentang teori perkembangan anak, cara deteksi, dan berbagai stimulasi, mahasiswa akan diminta untuk akan diminta untuk melakukan deteksi perkembangan anak usia dini dengan melakukan observasi dan wawancara pada partisipan anak dan significant others. Mahasiswa juga diarahkan untuk membuat alat stimulasi yang tepat untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini dan mempresentasikan alat stimulasi tersebut di kelas

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

CPL1.13

Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia. (SN13)

CPL2.1

Menguasai konsep dan perspektif Psikologi (konsep dan teori). (PP1)

CPL3.1

Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif. (KU1)

CPL4.1

Mampu mengidentifikasi perilaku manusia berdasarkan hasil observasi, interview, dan pengukuran instrumen psikologis yang berlandaskan perspektif ilmu psikologi dalam bidang terkait. (KK1)

 

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Mampu menjelaskan perkembangan anak usia dini dari berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi.  [CPL2.1]
  2. Mampu menjelaskan berbagai bentuk stimulasi perkembangan anak usia dini. [CP2.1]
  3. Mampu menganalisis capaian tahapan perkembangan anak usia dini dengan menggunakan instrumen yang tepat. [CPL1.13, CPL4.1]
  4. Mampu menerapkan teknik observasi dan wawancara pada anak usia dini/significant others dengan menjunjung kode etik psikologi. [CPL1.13, CPL4.1]
  5. Mampu membuat stimulasi yang tepat untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini. [CPL1.13, CPL3.1]

 

REFERENSI PEMBELAJARAN

Utama:

  1. Slentz, K. L & Krogh, S. L. (2010). Early childhood development and its variations. Routledge.
  2. Trawick-Smith. (2018). Early childhood development: A multicultural perspective. Pearson.
  3. Martorell, G., Papalia, D., & Feldman, R. (2013). A child's world: Infancy through adolescence. McGraw-Hill, Inc.

 

Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:

 

METODE PENILAIAN

Aktivitas Partisipatif                            : 10%

Hasil Project                                        : 30%

UTS                                                      : 30%

Tugas Presentasi                                 : 15%

Tugas Wawancara & Observasi          : 15%

 

MATERI KULIAH

Sesi

Topik

Metode

Sumber Bacaan

1

Pembukaan; Orientasi dan kontrak

Berbagai aspek perkembangan anak usia dini

Ceramah

Diskusi

 

2

Pentingnya stimulasi untuk anak usia dini

Ceramah

Diskusi

 

3

Aspek fisik pada perkembangan usia dini dan stimulasinya

Ceramah

Diskusi

 

4

Aspek kognitif pada perkembangan usia dini dan stimulasinya

Ceramah

Diskusi

 

5

Aspek sosio emosional pada perkembangan anak usia dini dan stimulasinya

Ceramah

Diskusi

 

6

Faktor protektif dan resiko perkembangan anak usia dini

Ceramah

Diskusi

 

7

Aspek fisik pada perkembangan usia dini dan stimulasinya

Ceramah

Diskusi

 

Ujian Tengah Semester

8

Aspek kognitif pada perkembangan usia dini dan stimulasinya

Ceramah

Diskusi

 

9

Aspek sosio emosional pada perkembangan anak usia dini dan stimulasinya

Ceramah

Diskusi

 

10

Developmental milestone dan deteksi perkembangan anak usia dini

Ceramah

Diskusi

 

11

OW Anak Usia Dini

Diskusi Kelompok

 

12

Problematika usia dini

Diskusi Kelompok

 

13

Panduan OW

Presentasi

Diskusi kelompok

 

14

Stimulasi Anak Usia Dini

Presentasi

Diskusi kelompok

 

Ujian Akhir Semester