[WPSM_AC id=16242]
(2 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan teori tentang pendidikan dan pengembangan karakter dalam konteks sekolah, keluarga, dan masyarakat. Mahasiswa akan mempelajari tentang definisi serta makna dari karakter & pendidikan karakter, perkembangan karakter individu, serta penerapan pendidikan karakter di berbagai konteks. Selain itu, mahasiswa juga akan dilatih untuk mengevaluasi praktik pendidikan karakter di Indonesia serta merancang asesmen dan intervensi berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL1.6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. (SN6) |
CPL2.1 | Menguasai konsep dan perspektif Psikologi (konsep dan teori) (PP1) |
CPL3.3 | Mampu menghasilkan gagasan dan solusi berdasarkan perspektif Psikologi (pemecahan masalah) (KU3) |
CPL4.3 | Mampu memberikan informasi alternatif penyelesaian masalah psikologis untuk menjaga kondisi kesehatan mental (pemecahan masalah, sehat mental) (KK3) |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, teori, dan strategi Pendidikan Karakter. [CPL2.1]
- Mahasiswa mampu mengevaluasi praktik pendidikan karakter di Indonesia. [CPL1.6, CPL3.3, CPL4.3]
- Mahasiswa mampu memiliki kepekaan sosial terhadap permasalahan pendidikan dan pengembangan karakter. [CPL1.6]
- Mahasiswa mampu merancang asesmen dan intervensi pendidikan karakter.
- [CPL1.6, CPL3.3, CPL4.3]
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama:
- Arthur, J., Kristjánsson, K., Harrison, T., Sanderse, W., & Wright, D. (2017). Teaching character and virtue in schools. Routledge.
- Berkowitz, M. W. (2002). The science of character education. Bringing in a new era in character education, 508, 43-63.
- Kern, M. L., & Wehmeyer, M. L. (2021). The Palgrave handbook of positive education.
- Koesuma, D.A. (2015). Pendidikan Karakter. Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Penerbit PT. Kanisius
- White, M. A. (2017). Evidence-based Approaches to Positive Education: Implementing a Strategic Framework for Well-being in Schools. Springer.
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
- Susetyo, Y.F. & Kumara, A. 2012. Orientasi tujuan, atribusi penyebab dan belajar berdasar regulasi diri pada remaja. Jurnal Psikologi.
- Susetyo, Y.F. 2019. Faktor personal Kepemimpinan Diri (Self-leadership) pada mahasiswa. Disertasi.
- Theresia, M., & Purnamaningsih, E. (2019). Pelatihan “Remaja Bijak” terhadap Kecenderungan Perilaku Prososial Remaja. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP).
- Hikmah, A., & Marastuti, A. (2020). Peran Moral Disengagement dan Kepemimpinan Etis terhadap Intensi Korupsi pada Pegawai Negeri Sipil. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP).
- Academic dishonesty in Indonesian college students: An investigation from a moral psychology perspective. Karya dosen: Sutarimah Ampuni, M.Si, M.Psych
- Developmental Patterns of Prosocial Behaviors in Indonesian Children and Adolescents. Karya dosen: Sutarimah Ampuni, M.Si, M.Psych
- Prosocial Intentions towards Religious Ingroup and Outgroup Membersamong Adolescents from Public and Religious Schools. Karya dosen: Sutarimah Ampuni, M.Si, M.Psych
- Pandemi dan Revitalisasi Karakter Prososial Bangsa. Karya dosen: Sutarimah Ampuni, M.Si, M.Psych
METODE PENILAIAN
Aktivitas Partisipatif : 20%
Hasil Project (peer) : 10%
Hasil Project (dosen) : 30%
Review jurnal : 10%
UTS : 30%
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumber Bacaan |
1 | Karakter & Pendidikan Karakter: Sebuah Pengantar | Ceramah & Diskusi |
|
2 | Memaknai Pendidikan Karakter |
| |
3 | Perkembangan Karakter Individu |
| |
4 | Pendidikan Karakter Berbasis Kelas dan Sekolah |
| |
5 | Pendidikan Karakter: Perspektif Pendidikan Positif | Team based learning |
|
6 | Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga, dan Masyarakat | Flipped learning: Mahasiswa mempelajari video Martin Seligman - Positive Education |
|
7 | Pendekatan Indigenous (asli Indonesia) dalam Pendidikan Karakter | Kuliah dosen tamu |
|
Ujian Tengah Semester | |||
8 | Asesmen dan Evaluasi Pendidikan Karakter | Ceramah, Sintesa hasil kajian empirik, Refleksi dan diskusi
|
|
9 | Contoh-contoh riset pendidikan & pengembangan karakter |
| |
10 | Best-Practices: Pendidikan karakter di Sekolah | Kuliah dosen tamu |
|
11 | Pendampingan Pengerjaan Proyek | Presentasi tugas akhir |
|
12 | Presentasi Proyek |
| |
13 | Presentasi Proyek |
| |
14 | Presentasi Proyek + Wrap Up. |
| |
Ujian Akhir Semester |