[WPSM_AC id=16242]
(2 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Banyak manajer dan organisasi sekarang mengakui bahwa sumber kritis keunggulan kompetitif sering datang bukan dari memiliki desain produk yang paling cerdik, strategi pemasaran terbaik, atau teknologi produksi yang paling canggih, melainkan dari memiliki sistem yang efektif untuk memperoleh, memobilisasi, dan mengelola sumber daya manusia organisasi. Sejumlah perkembangan terbaru — termasuk perubahan demografis dalam angkatan kerja, perubahan teknologi yang cepat, meningkatnya persaingan global, ketatnya pasar tenaga kerja di banyak sektor, eksperimen dengan desain dan struktur organisasi baru, dan perhatian kebijakan publik terhadap masalah tenaga kerja — membuat Psikologi Industri & Organisasi semakin penting bagi manajer. Memang, beberapa komentator berpendapat bahwa dalam perekonomian saat ini dengan akses terbuka ke informasi, teknologi, modal, dan sumber daya lain yang memadai, sumber daya manusia mungkin menjadi salah satu dari sedikit modal berkelanjutan yang berkelanjutan dari keunggulan kompetitif.
Mata kuliah ini memiliki dua tema utama: (1) bagaimana berpikir secara sistematis dan strategis tentang aspek-aspek pengelolaan modal manusia organisasi, dan (2) apa yang perlu dilakukan untuk mencapai keunggulan kompetitif melalui orang-orang.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL1.10 | menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; |
CPL2.1 | menguasai konsep dan perspektif Psikologi (konsep dan teori); |
CPL2.2 | menguasai metode penelitian dasar Psikologi (konsep, metode yang sesuai); |
CPL3.1 | mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi); |
CPL3.3 | mampu menghasilkan gagasan dan solusi berdasarkan perspektif Psikologi (pemecahan masalah); |
CPL4.3 | mampu memberikan informasi alternatif penyelesaian masalah psikologis untuk menjaga kondisi kesehatan mental (pemecahan masalah, sehat mental); |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mendefinisikan dan menjelaskan perkembangan I / O Psychology [CPL1.10, CPL2.1]
- Menjelaskan konsep dan metodologi untuk melakukan penelitian dalam kerangka situasi kerja aktual dan masalah terkait pekerjaan serta globalisasi tempat kerja [CPL1.10, CPL2.2, CPL3.1, CPL3.3]
- Menganalisis cara menarik dan memilih karyawan terbaik dibawah konsep sumber daya manusia dan atau sumber daya manusia [CPL2.1, CPL3.3]
- Menjelaskan dan merancang analisis pekerjaan [PL1.10, CPL3.1, CPL3.3]
- Menganalisis cara mengembangkan karyawan dengan lebih baik untuk mendapatkan keunggulan kompetitif [CPL3.1, CPL3.3, CPL4.3]
- Menganalisis cara mempertahankan karyawan untuk mendukung kinerja organisasi [CPL3.1, CPL3.3]
- Menganalisis sifat pekerjaan dalam masyarakat modern, khususnya, memahami psikologi ergonomi dan psikologi konsumen [CPL1.10, CPL3.1, CPL3.3, CPL4.3]
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama:
- Aamodt, M.G. (2004). Applied Industrial/Organizational Psychology (4th Edition). Belmont, CA: Thomson
- Aamodt, M.G. (2010). Industrial/Organizational Psychology: An Applied Approach. 6th Edition. Belmont, CA: Wadsworth Cengage Learning
- Landi, F.J. and Conte, J.M. (2003). Work in the 21st Century: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology. 5th Edition. USA: Wiley Publisher
- Noe, R.A., Hollenbeck, J.R., Gerhart, B., & Wright, P.M. (2006). Human Resource Management. (5th Edition). Singapore : McGraw-Hill Irwin.
- Riggio, R.E. (2016). Introduction to Industrial/Organizational Psychology. 6th Edition. New York: Routledge
- Rothman I and Cooper, C. (2008). Organizational and Work Psychology. UK: Hodder Education
- Schultz, D. & Schultz, S.E. (2010). Psychology and Work Today. 10th Edition. USA: Pearson Education, Inc.
Tambahan:
- Ellis Idemobi, Chigbue Donatus Ngige, Peter Nkeonyeasoa Ofili. Relationship Between Organization Reward System and Workers Attitude to Work. Journal of Business and Economic Development. Vol. 2, No. 4, 2017, pp. 247-254. doi: 10.11648/j.jbed.20170204.17
- Gautam, P. (2019). Comprehensive Reward System, Employee Motivation and Turnover Intention: Evidence from Nepali Banking Industry. Quest Journal of Management and Social Sciences, 1(2), 181-191. https://doi.org/10.3126/qjmss.v1i2.27418
- Sferrazzo, R. The ‘Agapic Behaviors’: Reconciling Organizational Citizenship Behavior with the Reward System. Humanist Manag J (2019). https://doi.org/10.1007/s41463-019-00067-5
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
- Kevin, C. dan Indrayanti, I. (2023). Values’s Schwartz and Perceived Organization Support on Work Engagement through Work Meaningfulness, Anima Indonesian Psychological Journal, 38 (1)
- Video Kepribadian dan Emosi di Tempat Kerja. https://www.youtube.com/watch?v=MbjPKzTYbto
- Hindiarto, F., Hidayat, R, dan Riyono, B. (2020). Is training effective to develop an individual's soft skills in organizations? empathic communication training on friendly and helpful behavior in private hospitals. The Open Psychology Journal, 13 (1)
- Riyono, B., Hartati, S., dan Fatdina F. (2022). Quality of Work Life (QWL) From Psychological Perspective and The Development of Its Measurement. Jurnal Psikologi, 49 (1), p.87-103
METODE PENILAIAN
UTS | : 20% |
UAS | : 20% |
Group Member Evaluation | : 15% |
Quiz | : 10% |
Field Work | : 35% |
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumber Bacaan |
1 | Prinsip, Praktek, dan Permasalahan Psikologi Industri di organisasi | Ceramah Diskusi | Aamodt (2004): Bab 1; Landi & Conte (2003): Bab 1; Riggio (2016): Bab 1 |
2 | Riset Bidang PIO | Jigsaw model Learning by doing | Landi & Conte (2003): Bab 2; Riggio (2016): Bab 2 |
3 | Perbedaan Individu dan Kemampuan Atribut Manusia | Kuliah, Self-assessment Diskusi kelompok | Landi & Conte (2003): Bab 3; Roothman & Cooper (2008): Bab 2 |
4 | Perencanaan Sumber Daya Manusia, Prinsip dan Teknik Seleksi | Jigsaw model Learning by doing | Aamodt (2004): Bab 4; Roothman & Cooper (2008): Bab 7&8: Noe dkk (2006): Bab 5; Riggio (2016): Bab 4 |
5 | Analisis Jabatan | Jigsaw model Working Group Penugasan | Aamodt (2004): Bab 2; Landi & Conte (2003): Bab 4; Roothman & Cooper (2008): Bab 7; Noe dkk (2006): Bab 4; Riggio (2016): Bab 3 |
6 | Analisis Jabatan | Presentasi Tugas | Aamodt (2004): Bab 2; Landi & Conte (2003): Bab 4; Roothman & Cooper (2008): Bab 7; Noe dkk (2006): Bab 4; Riggio (2016): Bab 3 |
7 | Pelatihan dan Pengembangan | Jigsaw model | Aamodt (2004): Bab 8; Roothman & Cooper (2008): Bab 9; Noe dkk (2006): Bab 7; Riggio (2016): Bab 7; Schultz & Schultz (2010): Bab 6 |
Ujian Tengah Semester | |||
8 | Penilaian Kinerja | Jigsaw model | Aamodt (2004): Bab 7; Landi & Conte (2003): Bab 5; Roothman & Cooper (2008): Bab 11; Noe dkk (2006): Bab 8; Riggio (2016): Bab 6 |
9 | Penilaian Kinerja | Review PA | Aamodt (2004): Bab 7; Landi & Conte (2003): Bab 5; Roothman & Cooper (2008): Bab 11; Noe dkk (2006): Bab 8; Riggio (2016): Bab 6 |
10 | Sistem Penggajian | Jigsaw Model | Roothman & Cooper (2008): Bab 10; Noe dkk (2006): Bab 12 |
11 | Safety, Health, and Environment | Observasi lapangan | Schultz & Schultz (2010): Bab 10,11,12 Day dkk. (2014): Bab 1,2,3 |
12 | Psikologi Ergonomi
| Jigsaw model Diskusi Feedback & Evaluation | Schultz & Schultz (2010): Bab 13 |
13 | Psikologi Konsumen | Jigsaw Model | Schultz & Schultz (2010): Bab 14 |
14 | Semua topic di silabus Psikologi Industri | Presentation, Sharing knowledge, Observation |
|
Ujian Akhir Semester |