[WPSM_AC id=16242]

(3 SKS)

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah Metodologi Penelitian Kualitatif (PSI201305) memberikan pengantar prinsip dasar terkait dengan penelitian kualitatif dan aplikasinya. Mahasiswa akan mempelajari mengenai epistemologi penelitian kualitatif, memahami bahasa simbol (baik yang tersirat maupun tersurat), peran peneliti, serta membedakan fakta dan opini, dan interpretasi intersubjektivitas terhadap data.

Lebih lanjut, mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu melakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif serta menyusun laporan penelitian kualitatif dalam format publikasi jurnal ilmiah. Materi yang akan disampaikan dalam mata kuliah ini meliputi eksplorasi pertanyaan penelitian, proses pendekatan metode (grounded theory, discourse analysis, narrative, fenomenologi, studi kasus, action research, etnografi), proses pengambilan data (observasi, wawancara, dan diskusi kelompok), triangulasi data, teknik analisis data secara tematik dan konten serta pemaparan data.

Mata kuliah ini akan berbasis pada prinsip project-based learning. Mahasiswa dari awal kuliah akan dipandu untuk menyusun mini riset di dalam kelompok. Komponen praktik juga disisipkan di dalam tiap pertemuan kuliah, yaitu:

  1. Mengenali makna metode
  2. Mencari permasalahan dan membuat pertanyaan penelitian,
  3. Menyusun literature review dan theoretical framework
  4. Mendesain proposal dan aplikasi ethics (proses pengajuan – memakai panduan pengajuan etika penelitian dan pengalaman dari dosen mengajukan aplikasi ethics)
  5. Mengambil data dan mengenali bahasa simbol
  6. Membedakan fakta dan analisis data
  7. Menulis hasil dalam bentuk manuskrip

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

CPL1.8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. (SN8)

CPL1.13

Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia (SN13)

CPL2.1

Menguasai konsep dan perspektif Psikologi (konsep dan teori) (PP1)

CPL2.2

Menguasai metode penelitian dasar Psikologi (konsep, metode yang sesuai) (PP2)

CPL2.4

Menjunjung tinggi prinsip integritas dan kode etik Psikologi dalam konteks akademik dan kehidupan (secara bertanggung jawab) (PP4)

CPL3.1

Mampu menggunakan ilmu Psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi) (KU1)

CPL3.4

Mampu menuangkan hasil penelitian Psikologi dalam bentuk tertulis (skripsi/manuskrip) maupun media dan teknologi (aplikasi dan secara bertanggung jawab) (KU4)

CPL4.5

Mampu menganalisis masalah dan menemukan jawabannya melalui riset keperilakuan (menguasai konsep dan secara bertanggung jawab) (KK5)

 

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Mampu menjelaskan filosofi, landasan dan prinsip-prinsip dasar pendekatan kualitatif dalam penelitian psikologi. [CPL1.8, CPL2.1, CPL2.3, CPL?]
  2. Mampu menjelaskan isu-isu terkait proses penelitian dengan pendekatan kualitatif, termasuk aspek etika penelitian. [CPL1.8, CPL1.13, CPL2.2, CPL3.1, CPL4.5]
  3. Mampu menjelaskan berbagai teknik pengambilan data dalam melakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif. [CPL2.2, CPL3.1, CPL4.5]
  4. Mampu menjelaskan, mendesain penelitian dan mengaplikasikan berbagai tradisi dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif, khususnya penelitian naratif, fenomenologi dan studi kasus. [CPL2.2, CPL3.1, CPL4.5]
  5. Mampu mengelola data penelitian (research data management) serta melakukan analisis yang diperlukan untuk melakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif, terutama studi kasus dan fenomenologi.[CPL1.8, CPL1.13, CPL2.2, CPL3.1, CPL4.5]
  6. Mampu melaksanakan penelitian psikologi dengan pendekatan kualitatif dan menyusun laporan hasil penelitian dalam format publikasi jurnal ilmiah. [CPL1.8, CPL1.13, CPL2.2, CPL2.4, CPL3.4]

 

REFERENSI PEMBELAJARAN

Utama:

Creswell, J. W., & Poth, C. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Approaches. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Tambahan:

  1. Denzin, N.K. & Lincoln, Y.S. (Eds.). (2018). Sage Handbook of Qualitative Research (5th Edition). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
  2. Kahija, Y. F. L. (2017). Penelitian Psikologis: Jalan Memahami Pengalaman Hidup. Yogyakarta: Kanisius.
  3. Lyons, E. & Coyle, A. (Eds.). (2016). Analysing Qualitative Data in Psychology. London: SAGE Publications Ltd.
  4. Moustakas, C. (1994). Phenomenological Research Methods. Thousand Oaks, CA: SAGE Publication, Inc.
  5. Yin, R. (2018). Case study research: Design and methods 6th Ed. USA: Sage Publication, Inc.
  6. American Psychological Association (APA). (2020). Qualitative Article Reporting Standards. Accessed via APA Website: https://apastyle.apa.org/jars/qual-table-1.pdf
  7. Wertz, F.J., Charmaz, K., McMullen, L., Josselson, R., Anderson, R., & McSpadden, E. (2011).  Five Ways of Doing Qualitative Analysis: Phenomenological Psychology, Grounded Theory, Discourse Analysis, Narrative Research, and Intuitive Inquiry. New York: The Guilford Press.

 

Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:

  1. Afiatin, T. (1997). Kontroversi pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif dalam penelitian psikologi. Buletin Psikologi, 5(1), 36 – 49.
  2. Pedro, H., Koentjoro, Meiyanto, S., Andayani, B., (2021). Transformation of women’s leadership through producing natural-dyed hand-woven fabrics (ethnographic study on Palue weavers). Gac Sanit. Doi: 10.1016/j.gaceta.2021.07.032.
  3. Subandi, M.A., Chizanah, L., Subhan, S., (2022). Psychotheraputic Dimensions of an Islamic-Sufi-Based Rehabilitation Center: A Case Study. Cult Med Psychiatry. 46(2). Doi: 10.1007/s11013-021-09738-1.

 

METODE PENILAIAN

Proposal Penelitian         : 20%

Manuskrip Penelitian     : 40%

Tugas Individu                   : 10%

UTS                                        : 30%

 

MATERI KULIAH

Sesi

Topik

Metode

Sumber Bacaan

1

Perkenalan, gambaran umum perkuliahan  dan kontrak belajar

1)   Uraian umum materi kuliah

2)   Capaian pembelajaran

3)   Proses perkuliahan

4)   Penilaian

5)   Referensi

 

Konsep dasar dan filsafat ilmu pendekatan kualitatif:

1)    Konsep dasar penelitian kualitatif

2)    Filsafat ilmu pendekatan kualitatif

3)    Permasalahan dan keberpihakan dalam penelitian kualitatif (Prof Koentjoro)

Kuliah Umum Daring:

 

Synchronous (Kuliah bersama) oleh: Prof. Drs. Koentjoro, M.Bsc., Ph.D. dan Pradytia Pertiwi, Ph.D.

●  Dosen memperkenalkan diri dan menjelaskan RPKPS dan kontrak belajar

●  Dosen memfasilitasi apersepsi pendekatan kualitatif

●  Dosen menjelaskan konsep dasar dan filsafat ilmu pendekatan kualitatif.

●  Dosen melakukan tanya jawab terkait kontrak belajar dan juga konsep dasar penelitian kualitatif.

 

Synchronous (di kelas masing-masing)

●  Diskusi dan tanya jawab lanjutan di kelas

●  Pembagian kelompok dan penentuan tema penelitian

●  Pembagian kelompok beranggotakan 3-4 orang (tugas kelompok)

●  Hasil diupload di eLOK

 

2

Proses penelitian kualitatif

  1. Mengidentifikasi dan menentukan rumusan masalah
  2. Menentukan pertanyaan penelitian
  3. Melakukan literature review dan argumentasi signifikansi penelitian

Kuliah Luring di kelas masing-masing (PIC Materi: Pradytia Pertiwi, PhD)

 

●  Dosen menjelaskan proses penelitian kualitatif:

●  Dosen memberi kesempatan pada mahasiswa untuk bertanya

●  Diskusi dan tanya jawab lanjutan di kelas

●  Di dalam kelompok, mahasiswa mengidentifikasi dan menentukan rumusan masalah dan literatur review dalam penelitian kualitatif.

●  Mahasiswa mengupload hasil diskusi rumusan masalah dan pertanyaan penelitian via eLOK

 

3

Isu terkait proses penelitian dengan pendekatan kualitatif:

1)    Representatif

2)    Bias dan subjektivitas

3)    Kredibilitas

4)    Etika

5)    Posisi teori dalam penelitian kualitatif

Kuliah Umum Daring:

 

Synchronous (Kuliah bersama via Zoom) oleh Restu Tri Handoyo, Ph.D

●   Dosen menjelaskan isu terkait proses penelitian dengan pendekatan kualitatif

●   Tanya jawab mengenai isu terkait proses penelitian dan pendekatan kualitatif

 

Synchronous (di kelas masing-masing)

●   Dosen/asisten kelas memfasilitasi diskusi tentang isu terkait proses penelitian kualitatif dan etika penelitian (case-based)

●   Kelompok mengidentifikasi isu-isu penelitian dan etika untuk tema penelitian yang ditentukan kelompok.

●   Hasil diskusi diupload di eLOK untuk diberi feedback.

 

 

4

Metode pengambilan data

dalam penelitian kualitatif:

1) Observasi,

2) Wawancara

Kuliah Luring di kelas masing-masing (PIC Materi: Prof Tina )

 

●        Dosen menjelaskan metode pengambilan data: observasi dan wawancara

●        Dosen memfasilitasi diskusi dan tanya jawab tentang metode pengumpulan data dengan pendekatan kualitatif

●        Di dalam kelompok mahasiswa penyusunan instrumen wawancara sederhana

●        Dosen/asisten memfasilitasi praktik wawancara (berpasangan)

●        Instrumen diupload di eLOK untuk diberi feedback

 

5

Metode pengambilan data

1) Focused-group discussion

2) Menulis field notes

3) Dokumen sebagai sumber data

4) Sumber data lain (film, buku, artefacts

Kuliah Luring di kelas masing-masing (PIC Materi: Prof Tina Afiatin)

 

 

●   Dosen menjelaskan metode pengambilan data: FGD, menulis field notes, dokumen dan sumber lain

●   Dosen memfasilitasi diskusi dan tanya jawab tentang metode pengumpulan data dengan pendekatan kualitatif

●   Di dalam kelompok mahasiswa menyusun fasilitasi penyusunan instrumen Focused-group discussion sederhana

●   Instrumen diupload di eLOK untuk diberi feedback

 

6

Overview 8 pendekatan

Penelitian kualitatif (bagian 1)

1)      Qualitative descriptive

2)      Fenomenologi,

3)      Etnografi

4)      Grounded theory

Kuliah Luring di kelas masing-masing (PIC Materi: )

 

●   Dosen menjelaskan berbagai pendekatan dalam penelitian kualitatif

●   Tanya jawab 4 pendekatan kualitatif

●   Di dalam kelompok, mahasiswa mendiskusikan pendekatan yang akan dipakai untuk mini riset (didorong dengan fenomenologi, narrative atau studi kasus)

 

7

Overview 8 pendekatan

Penelitian kualitatif (bagian 2)

1)        Narative study

2)      Action research

3)      Discourse analysis

4)      Studi Kasus

Kuliah Luring di kelas masing-masing (PIC Materi: Elga Andriana, PhD)

 

●   Dosen menjelaskan berbagai pendekatan dalam penelitian kualitatif

●   Tanya jawab 4 pendekatan kualitatif

●   Di dalam kelompok, mahasiswa melanjutkan mendiskusikan pendekatan yang akan dipakai untuk mini riset

●   Hasil diskusi diupload di eLOK untuk diberi feedback.

 

Ujian Tengah Semester

8

Presentasi mahasiswa untuk proposal penelitian kualitatif

Kuliah Luring di kelas masing-masing

●   Mahasiswa presentasi proposal

●   Mendiskusikan materi proposal mahasiswa

●   Dosen memberikan feedback terhadap proposal kelompok.

●   Proposal direvisi oleh mahasiswa untuk diupload ke eLOK

 

9

Persiapan pengambilan data

Penyusunan instrument pengambilan data

Kuliah Luring di kelas masing-masing

 

●   Kelompok menyusun instrumen

●   Mahasiswa mempresentasikan kuesioner survey open ended dan draft inform consent

●   Dosen memberikan feedback

 

10

Pengelolaan data penelitian dan analisis data:

1)      Digitalisasi data penelitian

2)      Platform penyimpanan data penelitian

3)      Latihan membedakan fakta dan analisa data

4)      Melakukan data reduksi dengan Open dan Axial Coding

Kuliah Luring di kelas masing-masing

 

●   Dosen memberi materi digitalisasi dan management data

●   Dosen mencontohkan proses open dan axial coding dengan menggunakan data yang dikumpulkan mahasiswa

●   Mahasiswa berlatih untuk melakukan koding

 

Usulan untuk praktik: 

 

Menyimak dan merekam diskusi di TV 15 - 30 menit untuk membedakan fakta dan analisa (contoh: kasus kematian Brigadir Yosua)

 

11

Presentasi hasil koding

Kuliah Luring di kelas masing-masing

 

●  Mahasiswa mempresentasikan hasil open dan axial coding

●  Dosen memberikan feedback

 

12

Analisis data fenomenologi dan studi kasus

Kuliah Luring di kelas masing-masing

 

●   Dosen memberi contoh analisis kasus fenomenologi dan studi kasus

●   Case-based paper case study dan paper metodologi

●   Mahasiswa berlatih analisis fenomenologi dan studi kasus dengan data yang sudah dikumpulkan

 

13

Presentasi hasil analisis fenomenologi dan studi kasus

Kuliah Luring di kelas masing-masing

 

●  Mahasiswa mempresentasikan hasil analisis fenomenologi dan studi kasus

●  Dosen memberikan feedback

 

14

Menulis paper hasil penelitian dengan pendekatan kualitatif dan wrap up

1)      Aspek pelaporan penelitian kualitatif dalam bentuk manuskrip

2)      Wrap up

Kuliah Luring di kelas masing-masing

 

●   Mencermati APA style panduan pelaporan penelitian kualitatif dalam bentuk manuskrip.

●   Diskusi dan tanya jawab materi panduan APA

●   Dosen memberikan contoh bagaimana menulis paper kualitatif dengan menggunakan format Jurnal Psikologi UGM

●   Wrap-up: dosen Bersama mahasiswa merangkum proses pembelajaran yang telah dilalui

 

Ujian Akhir Semester