[WPSM_AC id=16242]
(3 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini berfokus pada penjelasan latar belakang biologis sebagai penentu perilaku manusia. Biopsikologi melihat proses psikologis (proses mental dan perilaku) memiliki korelasi biologis atau fisiologis, terdapat penerapan prinsip-prinsip biologi untuk mempelajari psikologi. Melalui berbagai metode penelitian biopsikologi, para biopsikolog di bidang ini mengungkap informasi yang memperkaya pemahaman manusia tentang otak, proses mental dan perilaku.
Biopsikologi 2 merupakan kelanjutan dari Biopsikologi 1 yang akan mempelajari mengenai beberapa perilaku dan proses mental, serta mekansime fisiologisnya. Ruang lingkup biopsikologi 2 mencakup tema-tema berikut: Tidur dan jaga, regulasi internal, perilaku reproduksi, perilaku emosi, perilaku melarikan diri dan menyerang, stress dan kesehatan, kecerdasan, belajar, dan ingatan, fungsi kognitif, penyalahgunaan zat, gangguan mood, schizophrenia, dan gangguan autism.
Pada akhir semester, mahasiswa dapat mengidentifikasi, memahami, dan menjelaskan, fenomena-fenomena, tidur dan jaga, regulasi internal, perilaku reproduksi, perilaku emosi, perilaku melarikan diri dan menyerang, stress dan kesehatan, kecerdasan, belajar, dan ingatan, fungsi kognitif, penyalahgunaan zat, gangguan mood, schizophrenia, dan gangguan autism. Selain itu mahasiswa juga dapat merancang ide penelitian mengenai topik-topik tersebut.Mata kuliah Intervensi Psikologi adalah mata kuliah wajib bagi mahasiswa program sarjana psikologi dengan bobot 4 SKS. Tujuan mata kuliah ini adalah mahasiswa memahami dasar-dasar intervensi psikologi, baik individu, kelompok, masyarakat/komunitas, maupun sistem/organisasi, menguasai konsep-konsep utama dan perspektif teoritis dalam intervensi psikologi, dan mampu mengenali permasalahan individu dan masyarakat, serta mengenali alternatif intervensi psikologi yang dapat dilakukan.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL1.5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (SN5) |
CPL2.1 | Menguasai konsep dan perspektif psikologi (konsep dan teori) (PP1) |
CPL2.2 | Menguasai metode penelitian dasar Psikologi (konsep, metode yang sesuai) (PP2) |
CPL2.3 | Literasi teknologi informasi dan teknologi data (keterampilan lain yang mendukung) (PP3) |
CPL3.1 | Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi) (KU1) |
CPL3.3 | Mampu menghasilkan gagasan dan solusi berdasarkan perspektif Psikologi (pemecahan masalah) (KU3) |
CPL4.1 | Mampu mengidentifikasi perilaku manusia berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan pengukuran instrumen psikologis (aplikasi) (KK1) |
CPL4.2 | Mampu menganalisis masalah dan menemukan jawabannya melalui riset keperilakuan (menguasai konsep dan secara bertanggung jawab) (KK2) |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mampu menjelaskan pengertian Biopsikologi, ruang lingkup Biopsikologi, mampu berpikir kritis, terbuka, dan menunjukkan ketertarikan dalam kerja penelitian kolaboratif dengan disiplin ilmu lain (kedokteran, biologi, farmasi, dll.) [CPL1.5, CPL2.1, CPL3.1]
- Mampu menjelaskan Sel Saraf, Konsep Sinapsis, Peristiwa Kimia pada Sinapsis yang mendasari perilaku manusia [CPL2.1, CPL3.1, CPL3.3]
- Mampu menjelaskan Sistem Saraf, Anatomi sistem saraf, genetika dan evolusi, serta mampu berpikir kritis dalam menganalisis penelitian-penelitian terkini dengan tema biopsikologi [CPL1.5, CPL2.1, CPL3.1, CPL3.3, CPL4.1]
- Mampu menjelaskan perkembangan otak dan plastisitas setelah kerusakan otak
[CPL2.1, CPL3.1, CPL3.3, CPL4.1]
- Mampu menjelaskan proses sensasi dan persepsi, serta terjadinya kontrol dan koordinasi gerakan dan tindakan [CPL1.5, CPL2.1, CPL3.1, CPL3.3, CPL4.1]
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama:
- Kalat, J. W. (2019). Biological Psychology (13e.). Boston : Cengage Learning
- Pinel, J. P. J. (2018). Biopsychology (10th edition). Boston: Allyn & Bacon
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
- Indrayanti, I., C, A.P., Adi, S.P., dan Lufityanti, G. (2022). Science Majoring Background Modulates the Psychological Responses to Stress on Numerical Task. Gadjah Mada Journal of Psychology, 8 (2), p. 150-164.
METODE PENILAIAN
Tugas Kelompok : 40%
Praktikum : 30%
Quiz : 10%
UTS : 10%
UAS : 10%
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumber Bacaan |
1 | Pengantar Biopsikologi 2 : Overview dan Rencana Kuliah, Pembentukan Kelompok | Daring |
|
2 | Tidur dan Jaga | Luring |
|
3 | Pengendalian internal (Tugas 1) | Presentasi |
|
4 | Perilaku reproduksi (Tugas 1) | Presentasi |
|
5 | Perilaku Emosi (daring) + Quiz topik 5 | Ceramah, Pemutaran video |
|
6 | Perilaku Menyerang dan Melarikan Diri (luring) (Tugas 2) | Presentasi |
|
7 | Stres dan Kesehatan (Tugas 2) + Quiz topik 7 | Presentasi |
|
Ujian Tengah Semester | |||
8 | Learning, Memory, and Intelligence: Learning, Memory, and Memory Loss | Ceramah, daring, video |
|
9 | Learning, Memory, and Intelligence : Storing Information in the Nervous System + Quiz topik 9 | Ceramah, luring, video |
|
10 | Fungsi Kognitif : Lateralization and Language | Ceramah, luring/daring, video |
|
11 | Fungsi Kognitif : Conscious and Unconscious Processes + Quiz topik 11 | Ceramah, luring/daring |
|
12 | Substance Abuse dan Mood Disorders (Tugas 3) | Presentasi |
|
13 | Schizophrenia (Tugas 3) | Presentasi |
|
14 | Autism Spectrum Disorders + Quiz topik 14 | Ceramah, luring/daring, video |
|
Ujian Akhir Semester |