[WPSM_AC id=16242]
(4 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata Kuliah ini diselenggarakan secara daring. Psikologi sosial merupakan disiplin dalam bidang keilmuan psikologi yang berpendekatan proses individu yang dipengaruhi dan mempengaruhi proses sosial individu. Berdasarkan hal tersebut, psikologi sosial merupakan interdisipliner dalam perspektif psikologis dan sosiologis (atau antropologis). Mata Kuliah Psikologi Sosial distrukturkan menjadi 6 (enam) pokok bahasan utama yaitu pendahuluan, intrapersonal, interpersonal, intragroup, metodologi, dan terapan. Di dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan dihantarkan untuk menguasai kompetensi dasar keilmuan psikologi sosial, yaitu akan mengerti, memahami konsep-konsep utama, teori-teori, temuan-temuan empiris dan kecenderungan perkembangan psikologi sosial. Mahasiswa juga akan dapat mengaplikasikan psikologi sosial dalam kehidupannya.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL1.5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (SN5) |
CPL1.6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (SN6) |
CPL1.11 | Menunjukkan perilaku yang didasari nilai moral luhur, menghargai perbedaan, dan bersikap empatik (SN11) |
CPL2.1 | Menguasai konsep dan perspektif Psikologi (konsep dan teori) (PP1) |
CPL2.4 | Menjunjung tinggi prinsip integritas dan kode etik psikologi dalam konteks akademik dan kehidupan (secara bertanggung jawab) (PP4) |
CPL3.1 | Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi) (KU1) |
CPL3.2 | Mampu menampilkan unjuk kerja secara mandiri dan terukur (secara bertanggung jawab) (KU2) |
CPL 3.3 | Mampu menghasilkan gagasan dan solusi berdasarkan perspektif psikologi (pemecahan masalah) (KU3) |
CPL4.4 | Mampu memberikan informasi alternatif penyelesaian masalah psikologis untuk menjaga kondisi kesehatan mental (pemecahan masalah, sehat mental) (KK3) |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan teori psikologi sosial serta kaitannya dengan fenomena sosial [CPL1.11, CPL2.1, CPL2.4, CPL3.1, CPL3.2]
- Mahasiswa dapat menunjukkan adanya sikap-sikap tertentu terhadap kategorisasi sosial dan budaya [CPL1.5, CPL1.6, CPL1.11, CPL2.1, CPL2.4, CPL3.1, CPL3.2]
- Mahasiswa mampu menganalisis fenomena sosial menggunakan teori-teori psikologi sosial [CPL1.5, CPL1.6, CPL1.11, CPL2.1, CPL2.4, CPL3.1, CPL3.2]
- Mahasiswa mampu memformulasikan jawaban atas permasalahan sosial psikologis melalui langkah-langkah metodologi psikologi sosial [CPL1.5, CPL1.6, CPL1.11, CPL2.1, CPL2.4, CPL3.1, CPL3.3, CPL4.4]
- Mahasiswa mampu menunjukkan hasil kajian atas fenomena sosial sesuai dengan kaidah ilmiah[CPL1.5, CPL1.6, CPL1.11, CPL2.1, CPL2.4, CPL3.1, CPL3.3, CPL4.4]
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama:
- Aronson, E., Wilson, T. D., Akert, R. M., Sommers, S. R. (2019). Social Psychology 10th Ed. London : Pearson Education.
- Branscombe, N. R. & Baron, R. A. (2017) Social Psychology 14th Ed. London: Pearson Education.
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
- Faturochman, M. A. (2006). Pengantar Psikologi Sosial.
- Rahmanawati, A., Ferdian, F. R., Widyastuti, T., Faturochman, F., & Minza, W. M. (2020). How do relational and personal attributes affect trust in adolescent friendship: An exploratory model. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 17(1), 1.
- Helmi, A. F., Husna, A. N., Budiarto, Y., Permana, M. Z., Reginasari, A., Herdiyanto, Y. K., ... & Renanita, T. (2020). Psikologi Untuk Indonesia: Isu Isu Terkini Relasi Sosial dari Intrapersonal hingga Interorganisasi. UGM PRESS.
METODE PENILAIAN
Diskusi : 5%
Mini Riset : 35%
Tugas : 15%
UTS : 20%
UAS : 25%
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumber Bacaan |
1 | Kontrak Pembelajaran + Pendahuluan | Daring: Ceramah Diskusi Kasus |
|
2 | Kognisi Sosial | Daring: Ceramah Diskusi Kasus |
|
3 | Persepsi Sosial | Daring: Ceramah Diskusi Kasus |
|
4 | Diri Sosial | Daring: Ceramah Diskusi Kasus |
|
5 | Sikap dan Intensi | Daring: Ceramah Diskusi Kasus |
|
6 | Identitas dan Prasangka | Daring: Ceramah Diskusi Kasus |
|
7 | Pengaruh Sosial | Daring: Ceramah Diskusi Kasus |
|
8 | Ketertarikan Interpersonal dan Hubungan Erat | Daring: Ceramah Diskusi Kasus |
|
9 | Perilaku Prososial | Daring: Ceramah Diskusi Kasus |
|
10 | Identifikasi diri dan kategorisasi sosial (Studi Kasus Diri Sosial) | Daring: Ceramah Diskusi Kasus |
|
11 | Stereotype contemporer analysis | Daring: Ceramah Diskusi Kasus |
|
12 | Studi Kasus Hubungan Interpersonal dan Hubungan Erat | Daring: Ceramah Diskusi Kasus |
|
13 | Studi kasus | Daring: Ceramah Diskusi Kasus |
|
14 |
|
|
|
Ujian Tengah Semester | |||
15 | Proses Kelompok | Daring: Ceramah |
|
16 | Metodologi Psikologi Sosial (1) | Daring: Ceramah |
|
17 | Metodologi Psikologi Sosial (2) | Daring: Ceramah |
|
18 | Kuliah Dosen Tamu (1) | Daring: Ceramah |
|
19 | Kuliah Dosen Tamu (2) | Daring: Ceramah |
|
20 | Penyusunan Alat Ukur/Instrumen | Luring/daring: Ceramah Project Based Learning |
|
21 | Pengambilan Data (1) | Luring/daring: Ceramah Project Based Learning |
|
22 | Pengambilan Data (2) | Luring/daring: Ceramah Project Based Learning |
|
23 | Analisis | Luring/daring: Ceramah Project Based Learning |
|
24 | Penulisan Laporan | Luring/daring: Ceramah Project Based Learning |
|
25 | Presentasi Mini Riset (1) | Luring/daring: Ceramah Project Based Learning |
|
26 | Presentasi Mini Riset (2) | Luring/daring: Ceramah Project Based Learning |
|
27 |
|
|
|
28 |
|
|
|
Ujian Akhir Semester |