[WPSM_AC id=16242]
(4 SKS)
DESKRIPSI MATA KULIAH
Rentang Perkembangan Manusia merupakan mata kuliah wajib yang diperuntukkan bagi mahasiswa semester pertama. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan mengenai perkembangan manusia semasa hidupnya, mulai dari pembuahan hingga kematian, pada seluruh aspek dari perkembangan yang meliputi biologis/fisik, kognitif, dan sosio-emosional. Prinsip dasar perkembangan, teori, dan penelitian dipelajari dalam mata kuliah ini. Setelah mempelajari dari buku, mahasiswa diarahkan untuk menerapkan ilmu yang telah didapatkan untuk menganalisa masalah dalam kehidupan yang berkaitan dengan perkembangan. Mahasiswa akan belajar untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang terjadi belakangan, misal stunting, obesitas, penggunaan gadget, millennial parenting, dll. dan melakukan analisis menggunakan prinsip dan teori yang ada, dengan bantuan dari hasil penelitian yang ada dalam literatur.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
CPL1.5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (SN5) |
CPL2.1 | Menguasai konsep dan perspektif Psikologi (PP1) |
CPL3.2 | Mampu menggunakan ilmu psikologi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif (aplikasi) (KU2) |
Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- memahami prinsip dasar, konsep/teori, dan metode penelitian dalam Psikologi Perkembangan [CPL1.5, CPL2.1]
- menjelaskan rentang perkembangan manusia di berbagai aspek (biologis/fisik, kognitif, dan sosio-emotional) [CPL1.5, CPL2.1]
- menganalisis faktor individual dan kontekstual yang dapat mempengaruhi perkembangan manusia, serta mengidentifikasi dan mampu mengkritisi hasil penelitian empiris [CPL1.5, CPL2.1, CPL3.2]
- mengevaluasi isu-isu dalam perkembangan manusia menggunakan teori/konsep Psikologi Perkembangan [CPL1.5, CPL2.1, CPL3.2]
- menuangkan/mengekspresikan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan [CPL1.5, CPL2.1, CPL3.2]
REFERENSI PEMBELAJARAN
Utama:
Santrock, J. W. (2018). A Topical Approach to Life-span Development Ninth Edition. New York: McGraw-Hill Education.
Buku/Jurnal Penelitian/Pengabdian Dosen/Video:
METODE PENILAIAN
UTS (Multiple Choice) | : 30% |
Tugas Blok | : 30% |
Partisipasi Kelas (diskusi, kahoot, quizlet) | : 10% |
UAS (Multiple Choice) | : 30% |
MATERI KULIAH
Sesi | Topik | Metode | Sumber Bacaan |
1 | Pengantar : Konsep, Teori, dan Riset Psikologi Perkembangan | Ceramah, Diskusi |
|
2 | Blok 1 : Biological Beginnings & Physical Development |
| |
3 | Blok 1 : Health (Obesity, Malnutrition) & Sensory Development |
| |
4 | Blok 1 : Health Dosen Tamu : dr. Hendra, M.Sc. Sp.A |
| |
5 | Tugas Blok 1 : Narrative Essay Wawancara orang tua terkait milestones diri (CPMK 1-5) |
| |
6 | Blok 2 : Cognitive Development |
| |
7 | Blok 2 : Intelligence & Language |
| |
| Tugas Blok 2 : Critical Essay Membuat pertanyaan dan materi; bagaimana mencari jawabannya; dan apa jawabannya (CPMK 1-5) |
|
|
Ujian Tengah Semester | |||
8 | Blok 3 : Emotional development & attachment | Ceramah, Diskusi |
|
9 | Blok 3: Self, personality, gender, sexuality, and identity |
| |
10 | Blok: 3: Moral Development, Values, and Religion |
| |
11 | Tugas Blok 3: Resume Journal (CPMK 1-5) |
| |
12 | Blok 4: Family, Lifestyle, and Parenting Dosen Tamu: Okina Fitriani, S.Psi, M.A, Psikolog, Founder of Enlightening Parenting |
| |
13 | Blok 4: Peers and The Socio-Cultural World (3 SKS) & Death, Dying, and Grieving (1 SKS) |
| |
14 | Tugas Blok 4: Reflective Short Essay (CPMK 1-5) |
| |
Ujian Akhir Semester |