Unit Pengembangan Teknologi Belajar

Satu gagasan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Fakultas Psikologi melalui penggunaan IT, atau teknologi informasi, telah dilontarkan sekitar September 2001. Gagasan ini sangat menarik dan perlu, mengingat seiring perkembangan zaman, kemajuan IT yang sangat menguntungkan manusia sudah menjadi kebutuhan utama untuk menunjang pengelolaan sivitas akademika.

Gagasan tersebut kemudian ditindak lanjuti dengan SK Dekan yang mengangkat Dr. Neila Ramdhani, M.Si, M.Ed sebagai ketuanya. Unit ini awalnya bertujuan untuk memfasilitasi segenap sivitas akademika dengan ketrampilan IT, terutama yang berkaitan dengan ketrampilan-ketrampilan yang menunjang proses pembelajaran. Dalam perkembangannya, unit ini juga mengembangkan berbagai metode informasi dan publikasi fakultas, di antaranya melalui website fakultas. UPTB kemudian juga bertugas mensosialisasikan dan mempromosikan fakultas dan berbagai layanan yang ditawarkannya kepada khalayak.

Beberapa kegiatan yang dikelola UPTB antara lain adalah pelatihan ketrampilan teknologi informasi untuk mahasiswa. Pembuktian mengenai kehandalan UGM dalam mencetak generasi yang unggul akan dibuktikan juga dengan kesadaran para lulusannya untuk menguasai teknologi dan sekaligus trampil menggunakannya. Salah satu ketrampilan yang diberikan pada mahasiswa adalah ketrampilan menggunakan berbagai software komputer. Diantaranya adalah software-software Office Applications, software Photoshop, Corel Draw, dan ketrampilan videography untuk menunjang kegiatan perkuliahan. Selain itu, UPTB juga menyediakan training penggunaan software pengolahan data seperti SPSS dan NVivo untuk mendukung mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir atau penelitian.

Selain itu, UPTB juga memfasilitasi pelatihan IT untuk dosen. Universitas unggul harus ditopang dengan SDM yang handal. Apalagi semenjak ruang-ruang dosen dilengkapi dengan serat optik, sehingga setiap dosen dapat menjelajah di internet dari ruang masing-masing.

Kemudian, belum lama ini UPTB juga menambah tugasnya sebagai pengelola situs kanal pengetahuan Fakultas Psikologi. Kanal pengetahuan bertujuan sebagai bentuk inovasi teknologi penyebaran pengetahuan kepada masyarakat. Sejalan dengan filosofi menara ilmu, Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada berfungsi sebagai wadah sumber-sumber ilmu dan informasi yang berkembang di lingkungan universitas agar dapat diakses masyarakat luas. Kanal pengetahuan menyebar materi berupa artikel, video, dan audio.

 

Pengelola:

Ketua:            Satwika Rahapsari, S.Psi., Psi., M.A. R-DMT

Sekertaris:     Kurnia Yohana Yulianti, S.Psi. M.Sc.

Staf:                Sussanti, Amd.

Mahasiswa asisten

 

UPTB – F. Psikologi UGM (Unit Pengembangan Teknologi Belajar)
Fak. Psikologi UGM Jl. Humaniora No. 1 Kompleks Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia
Gedung B, Lantai 2, Ruang 212A