Sarjana Psikologi

Kompetensi Lulusan

PSIKOLOGI adalah ilmu yang mempelajari perilaku, baik yang tampak maupun yang tidak tampak, yang merupakan manifestasi adanya kejiwaan pada manusia. Unit analisisnya adalah perilaku manusia, baik level individu dan kelompok.Hukum-hukum perilaku dasar manusia yaitu dilihat dari:
  • Perspektif perkembangan manusia (dari pra natal sampai usia lanjut),
  • Macam interaksi sosial yang dijalin (baik intrapersonal dan interpersonal), dan
  • Komposisi manusia (fisik, mental, dan spiritual) digunakan sebagai landasan dalam menjelaskan peristiwa yang terjadi di dunia sekolah, organisasi, industri, klinis, dan kemasyarakatan.

Setelah mengikuti pendidikan Sarjana (S1) di Fakultas Psikologi, maka lulusan S1 memiliki kompetensi sebagai berikut:

  1. Memahami pengetahuan dasar psikologi.
  2. Menguasai teknik pengamatan.
  3. Mampu menggunakan alat pengukuran psikologi.
  4. Peka terhadap permasalahan bio-psiko-sosial dalam konteks Indonesia.
  5. Mampu melakukan penelitian.
  6. Menghayati kode etik keilmuan dan penelitian.

Kurikulum

Kurikulum KP 2011 Penyempurnaan

Matakuliah Lintas Disiplin

Fakultas Psikologi menawarkan beberapa Mata Kuliah yang dapat diambil oleh mahasiswa dari fakultas lain.

  • Psikologi Kebencanaan & Krisis (3 sks)

    Deskripsi : Di dalam perkuliahan ini akan dibahas berbagai hal terkait dengan kebencanaan dan situasi-situasi kedaruratan, baik dalam skala besar maupun dalam skala kecil. Selain itu, tanggapan manusia terhadap bencana, baik sebagai bentuk kesiagaan menghadapi bencana yang mungkin akan terjadi, maupun dampak psikologis yang muncul setelah terjadinya bencana atau situasi kedaruratan, akan mendapatkan porsi pembahasan yang memadai. Berlandaskan kedua hal ini, perkuliahan juga akan diarahkan untuk mendiskusikan strategi-strategi untuk meningkatkan kesiagaan bencana dan menangani dampak psikososial dan kesehatan mental sebuah bencana.

  • Psikologi Perkawinan & Keluarga (2 sks)

    Deskripsi : Mahasiswa dalam Mata Kuliah ini akan mempelajari teori dan pendekatan psikologi tentang keluarga dan perkawinan dan mempelajari faktor-faktor penting dalam membina dan merawat keluarga dan perkawinan. Setelah mengikuti MK ini, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis permasalahan, mengkomunikasikan pemikiran tentang berbagai isu, dan memberikan psikoedukasi tentang keluarga dan perkawinan. Cakupan materi MK ini antara lain (1) intimasi , (2) komitmen, (3) komunikasi, (4) resolusi konflik, (5) peran gender, dan (6) pola pengasuhan.

  • Psikologi Budaya (2 sks)

    Deskripsi : Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami relevansi budaya dalam memahami dinamika psikologi individu dan sebaliknya, relevansi dinamika psikologis individu pada budaya. MK ini juga memperkenalkan 3 (tiga) aliran utama kajian psikologi dan budaya (psikologi lintas budaya, psikologi indijenus, dan psikologi budaya), dengan penekanan pada aliran psikologi budaya.

  • Psikologi Olahraga (2 sks)

    Deskripsi: Dalam Mata Kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari penerapan prinsip-prinsip ilmu psikologi di bidang olahraga (sport) dan latihan fisik (exercise) dalam rangka meningkatkan performa seseorang. Secara lebih detail, mahasiswa akan mempelajari mulai dari (1) pemahaman dasar tentang peran ilmu psikologi di bidang olahraga, (2) pengembangan riset di ranah psikologi olahraga, (3) asesmen atlit/pelaku olahraga, hingga (4) penyusunan intervensi yang tepat untuk meningkatkan  performa seorang atlit maupun sebuah tim.

  • Psikologi Agama dan Spiritualitas (2 sks)

    Deskripsi : Mahasiswa akan mempelajari tentang perilaku relijius individu, baik di setting personal maupun kultural/institusional, dari perspektif psikologi. Mata Kuliah ini menekankan proses dan dinamika psikologis yang mendasari perilaku relijius yang tampak (misalnya sholat, pergi ke gereja) dan yang tidak tampak (misalnya keyakinan dan perasaan relijius). Selain itu, dalam MK ini juga akan dibahas tentang kaitan antara religiusitas, kesehatan mental, dan gangguan mental.

  • Inovasi dan kewirausahaan (2 sks)

    Deskripsi : Mahasiswa akan mempelajari bagaimana untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip psikologi dalam menciptakan atmosfer yang mendukung inovasi dan kewirausahaan. Selain itu, mahasiswa akan belajar bagaimana untuk mengembangkan rencana bisnis, mengukur risiko yang mungkin muncul, dan menciptakan model bisnis yang bertahan lama.

  • Psikologi Seni (2 sks)

    Deskripsi: Dalam Mata Kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip psikologi dalam seni dan beberapa produk artistik. Beberapa konsep khusus (sensori, persepsi, kognisi) lebih ditekankan dalam pembahasan, terutama terkait dengan estetika dan pengalaman subjektif dalam karya seni. Selanjutnya, mahasiswa juga akan mempelajari kaitan antara seni dan budaya dan menganalisisnya berdasarkan perspektif psikologi.

  • Psikologi Hukum (2 sks)

    Deskripsi : Mahasiswa dalam Mata Kuliah ini akan mempelajari bagaimana penerapan prinsip-prinsip psikologi dalam bidang hukum. Mahasiswa diharapkan mampu memahami efektivitas hukum dan sistem keadilan dari perspektif psikologi. Materi yang diberikan dalam MK ini antara lain asesmen hukum, civil commitment, pendampingan saksi mata (eyewitness), dan kompetensi saksi ahli.

  • Psikologi Internet (2 sks)

    Deskripsi : Mata kuliah ini akan mempelajari perubahan yang terjadi di era internet dibandingkan dengan era sebelum ada internet, sisi positif dan negatif dari penggunaan internet di dalam kehidupan manusia, dan ragam perubahan perilaku manusia di era Internet. Setelah mengikuti MK ini, mahasiswa diharapkan memahami berbagai pola pikir dan perilaku baru yang terjadi di dalam diri individu, kelompok, maupun masyarakat di berbagai setting kehidupan. Selain itu, mahasiswa diharapkan mampu merancang riset tentang dampak internet terhadap perilaku manusia dan sebaliknya.

  • Psikologi Gender (2 sks)

    Deskripsi : Mata Kuliah ini membangun kesadaran tentang peran gender yang ada di masyarakat, belajar menggunakan kerangka berpikir kritis untuk mengevaluasi isu-isu gender, bagaimana penelitian dilakukan untuk melihat perbandingan gender laki-laki dan perempuan pada berbagai domaian (ability, sikap, dan kepribadian/karakter). Topik yang dibahas dalam MK ini meliputi sejarah dan perspektif teori-teori tentang gender dan seks, stereotip gender, peran sosial gender (maskulinitas dan feminitas), feminisme, pengaruh media terhadap gender, body image, kekerasan berbasis gender, dan berbagai isu terkait gender.

 

Informasi lebih lanjut dan proses pendaftaran Mata Kuliah yang ditawarkan dapat melalui Bagian Akademik Fakultas Psikologi UGM

Telp (0274) 550435 / Fax (0274) 550436

E-mail akademikpsi@ugm.ac.id

Penawaran dan Prospek Kerja

Masyarakat pengguna lulusan Sarjana Psikologi dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan jumlah. Lebih dari 100 instansi yang membutuhkan jasa Psikologi, diantaranya:

Pertamina PT. Telkom Media Massa  Perum Peruri
 LG Electronic  PT. Gramedia Group  PT. Panasonic Gobel  PT. Angkasa Pura II
 PT. Astra Internasional  PT. Pelabuhan Indonesia  PT. Indofood Sukses Makmur  Lembaga Perguruan Tinggi
 PT. Unilever Indonessia, Tbk  PT. Cocacola Amatil Indonesia  Lembaga Pemerintah, TNI, dan POLRI  Rumah Sakit Umum & Swasta
 Luar Negeri : Trango Mineral Oil Malaysia  Bank : Mandiri, Niaga, BCA, BNI, Citibank  PMA : Komatsu, Freeport, Schlumberger, BAT  dll

Jumlah penawaran kerja yang cukup banyak ini menunjukkan bahwa lulusan Psikologi UGM diminati oleh masyarakat dengan prospek kerja yang baik di berbagai bidang.

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru

Program Studi Sarjana (S1) Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada setiap tahun akademik baru menerima mahasiswa baru sebanyak 200 orang.

Untuk menjadi mahasiswa S1 Fakultas Psikologi UGM, lulusan SMA semua jurusan dapat mengikuti semua prosedur seleksi masuk. Informasi penerimaan mahasiswa baru tahun 2016 dapat diakses melalui  http://um.ugm.ac.id

Biaya Pendidikan

Program Studi Sarjana (S1) Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada menerapkan sistem uang kuliah tunggal (UKT). Informasi selengkapnya klik di sini

Kegiatan Pembelajaran

Proses pembelajaran dilakukan baik di dalam kelas, praktikum di laboratorium, maupun pengamatan di masyarakat. Selain teori-teori yang diajarkan, mahasiswa juga distimulasi dengan permasalahan-permasalahan yang berkembang di masyarakat. Diharapkan mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan sekaligus aplikasi teori untuk memahami permasalahan dan solusi permasalahan yang berkembang di masyarakat.

Upaya untuk meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam memahami teori dan konsep perilaku, maka disediakan laboratorium praktikum yaitu:

  1. Laboratorium Pskologi Faal
  2. Laboratorium Psikodiagnostika
  3. Laboratorium Psikologi Eksperimen

Dua Laboratorium Psikologi Eksperimen sekarang ini dilengkapi dengan alat-alat praktikum aparatus yang berbasis digital.

Laboratorium Psikodiagnostika sebagai laboratorium yang dapat digunakan untuk praktikum pengamatan dan melakukan testing dengan menggunakan teknologi modern.

Penelitian Mahasiswa dan Dosen

Mahasiswa Fakultas Psikologi UGM mempunyai tradisi mengukir prestasi di lomba karya ilmiah yang berbasis penelitian di tingkat nasional.

Prestasi yang sangat menggembirakan ini tidak lepas dari suasana yang kondusif di fakultas bagi terciptanya iklim penelitian mahasiswa. Sejak tahun 2002 secara resmi fakultas membuat kebijakan untuk mengikutsertakan mahasiswa dalam penelitian dosen.

Sebagian dosen melakukan penelitian dengan melibatkan mahasiswa setiap tahun dengan berbagai sumber dana, baik dana dari fakultas, universitas, Dikti, maupun dari lembaga donor internasional lainnya.

Pengabdian pada Masyarakat

Kegiatan pengabdian pada masyarakat dilakukan lebih berfokus pada pelayanan jasa Psikologi. Kegiatan ini dilakukan baik bersifat individual maupun institusional. Permintaan baik secara individual maupun institusional sangat tinggi dari masyarakat, menunjukkan sangat pentingnya peran jasa Psikologi.

Jasa psikologi dalam bentuk konseling individu dan kelompok telah dilatihkan kepada guru dan tokoh masyarakat untuk menangani korban konflik bagi para pengungsi di Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Selatan melalui kerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional.

Fakultas Psikologi UGM juga mempunyai wadah resmi sebagai sarana pengabdian pada masyarakat dalam bentuk jasa konsultasi psikologis. Jasa konsultasi psikologis tersebut dikelola oleh Unit Konsultasi Psikologi (UKP).

Berbagai instansi pemerintah daerah, BUMN, dan perusahaan swasta nasional dan multinasional mengenyam jasa psikologis untuk menyelenggarakan rekruitmen untuk seleksi dan promosi, asesmen psikologis, dan berbagai pelatihan. Jasa psikologis ini dikelola oleh Lembaga Pengembangan Kualitas Manusia (LPKM).

Beasiswa

Ada dua macam beasiswa yaitu

  1. Beasiswa Mahasiswa Berprestasi, ditujukan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi tinggi dengan IP minimal 3,25
  2. Beasiswa bagi mahasiswa yang memerlukan bantuan, ditujukan kepada mahasiswa yang berprestasi dengan IP minimal + 2,50 tetapi kurang didukung oleh kemampuan ekonomi keluarga.

Setiap tahun sekitar 180 mahasiswa mendapatkan beasiswa tersebut dari 17 instansi. Beberapa instansi yang memberikan beasiswa dan jumlah penerimanya sebagai berikut:

 BOP  BBM BI BRI Bank Mandiri Prestasi
YKPP  PPA  Tanoto Foundation  Supersemar  Indocement PT. Branita S
 BPUTM  UGM  Qatar