Terms & Conditions

  • Penelitian merupakan salah satu cabang dalam PCSEF yang menekankan pada proses penalaran serta kajian ilmiah.

    Adapun ketentuan dari penelitian yaitu :

    1. Penelitian dapat berupa hasil penelitian selesai, penelitian on going (telah mencapai tahap metode penelitian), atau literature review.

    2. Sumber penelitian dapat berasal dari tugas mata kuliah, penelitian PKM tidak lolos didanai, penelitian PKM lolos didanai tidak lolos Pimnas, penelitian PKM dana hibah fakultas, penelitian pribadi, penelitian bersama unit fakultas, atau penelitian skripsi.

    3. Peserta merupakan mahasiswa S1.

    4. Peserta dapat bersifat perorangan atau tim (2-5 orang) dan minimal harus ada 1 anggota yang berasal dari Fakultas Psikologi.

    5. Peserta mengirimkan abstrak, untuk kemudian abstrak yang lolos review membuat presentasi dengan format .ppt guna dipresentasikan secara langsung pada hari H.

    6. Ketentuan abstrak sebagai berikut :

    • Abstrak ditulis dalam 250-300 kata
    • Abstrak ditulis dengan mengikuti format: latar belakang, tujuan, dasar teori, metode, hasil serta kesimpulan (untuk penelitian on going dapat berupa hasil yang diharapkan), dan kata kunci (3-5 kata).
    • Abstrak ditulis dengan font Times New Roman ukuran 12 spasi 1.15 dan berada dalam 1 paragraf. Format file abstrak berupa .doc atau .docx. dengan nama file: PCSEF Penelitian_(Nama depan ketua)_(Tiga kata pertama judul penelitian) dan diupload pada form pendaftaran.
    • Abstrak yang telah diterima oleh panitia tidak dapat direvisi kembali. Revisi hanya dapat dilakukan oleh peserta jika dianggap perlu oleh reviewer.

    7. Ketentuan ppt presentasi sebagai berikut :

    • Peserta yang dinyatakan lolos review abstrak (akan dihubungi secara personal oleh panitia), melakukan presentasi dalam bentuk file .ppt pada hari H.
    • Ppt harus memuat judul penelitian, nama peneliti dan logo universitas, latar belakang, tujuan, metode, hasil serta kesimpulan (untuk penelitian on going dapat berupa hasil yang diharapkan).
    • Sesi presentasi dan tanya jawab dilaksanakan selama 15 menit. Maka peserta disarankan untuk tidak terlalu banyak membuat slide presentasi.
    • Presentasi hanya boleh dilakukan oleh 1 orang atau dengan kata lain, hanya terdapat 1 orang presenter.
    • Terdapat penghargaan bagi presenter terbaik (best presentation) pada setiap bidangnya.

    8. Fasilitas yang akan didapatkan presenter dengan membayar Rp100.000 yaitu :

    • Sertifikat
    • Seminar kit
    • Snack selama 2 hari untuk presenter
    • Makan besar selama 2 hari untuk presenter
    • Free access ke semua kelas, sesi keynote speaker, dan mini workshop
    • Terdapat penghargaan khusus bagi presenter terbaik.

  • Pengabdian, merupakan salah satu cabang dalam PCSEF yang menekankan pada proses pemberdayaan guna memberikan manfaat pada masyarakat atau kelompok masyarakat tanpa adanya orientasi mencari keuntungan.

    Adapaun ketentuan dari pengabdian yaitu :

    1. Program pengabdian, merupakan program yang telah terlaksana sebelumnya.

    2. Pengabdian berupa program yang bertujuan untuk mengembangkan kualitas hidup masyarakat atau kelompok masyarakat.

    3. Pengabdian dapat berbentuk pengabdian mandiri maupun pengabdian yang dilaksanakan bersama oleh komunitas/ kelompok (BKM, KKN).

    4. Peserta merupakan mahasiswa S1.

    5. Peserta dapat bersifat perorangan atau tim (2-5 orang) dan minimal harus ada 1 anggota yang berasal dari Fakultas Psikologi.

    6. Mitra dari pengabdian merupakan masyarakat yang tidak berorientasi pada keuntungan.

    7. Peserta mengirimkan ringkasan pengabdian, untuk kemudian ringkasan yang lolos review membuat presentasi dalam bentuk .ppt guna dipresentasikan secara langsung pada hari H.

    8. Ketentuan ringkasan sebagai berikut :

    • Ringkasan ditulis dalam 250-300 kata
    • Ringkasan ditulis dengan mengikuti format: gambaran masyarakat atau kelompok masyarakat yang menjadi sasaran (identifikasi masalah dan alternatif penyelesaian masalah), metode pelaksanaan (instrumen, cara penyelesaian masalah), hasil yang dicapai, rencana tindak lanjut (follow up), dan kesimpulan.
    • Ringkasan ditulis dengan font Times New Roman ukuran 12 spasi 1.15 dan berada dalam 1 paragraf. Format file abstrak berupa .doc atau .docx. dengan nama file: PCSEF Pengabdian_(Nama depan ketua)_(Tiga kata pertama judul pengabdian) dan diupload pada form pendaftaran.
    • Ringkasan yang telah diterima oleh panitia tidak dapat direvisi kembali. Revisi hanya dapat dilakukan oleh peserta jika dianggap perlu oleh reviewer

    9. Ketentuan ppt presentasi sebagai berikut :

    • Peserta yang dinyatakan lolos review ringkasan (akan dihubungi secara personal oleh panitia), melakukan presentasi dalam bentuk file .ppt pada hari H.
    • Ppt harus memuat gambaran masyarakat atau kelompok masyarakat yang menjadi sasaran (identifikasi masalah dan alternatif penyelesaian masalah), metode pelaksanaan (instrumen, cara penyelesaian masalah), hasil yang dicapai, rencana tindak lanjut (follow up), kesimpulan, dan dokumentasi kegiatan.
    • Sesi presentasi dan tanya jawab dilaksanakan selama 15 menit. Maka peserta disarankan untuk tidak terlalu banyak membuat slide presentasi.
    • Presentasi hanya boleh dilakukan oleh 1 orang atau dengan kata lain, hanya terdapat 1 orang presenter.
    • Terdapat penghargaan bagi presenter terbaik (best presentation) pada setiap bidangnya.

    10. Fasilitas yang akan didapatkan presenter dengan membayar Rp100.000 yaitu :

    • Sertifikat
    • Seminar kit
    • Snack selama 2 hari untuk presenter
    • Makan besar selama 2 hari untuk presenter
    • Free access ke semua kelas, sesi keynote speaker, dan mini workshop
    • Terdapat penghargaan khusus bagi presenter terbaik.

  • Start-up merupakan salah satu cabang dalam PCSEF yang menekankan pada penciptaan suatu barang atau jasa yang inovatif oleh sebuah perusahaan yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah di tengah ketidakpastian yang ekstrem.

    Adapun ketentuan dari start-up yaitu :

    1. Start-up, dapat berupa sebuah program start-up yang telah terlaksana atau masih sebuah rencana gagasan.

    2. Dapat berupa barang maupun jasa.

    3. Dapat berbentuk sebuah aplikasi maupun website.

    4. Peserta merupakan mahasiswa S1.

    5. Peserta dapat bersifat perorangan atau tim (2-5 orang) dan minimal harus ada 1 anggota yang berasal dari Fakultas Psikologi.

    6. Memiliki rencana untuk mengembangkan start-up tersebut ke lingkup yang lebih luas

    7. Peserta mengirimkan ringkasan eksekutif start-up, untuk kemudian ringkasan eksekutif yang lolos review membuat presentasi ppt guna dipresentasikan secara langsung pada hari H

    8. Ketentuan ringkasan eksekutif sebagai berikut :

    • Ringkasan eksekutif ditulis dalam 250-300 kata
    • Ringkasan eksekutif ditulis dengan mengikuti format latar belakang pembuatan start-up, deskripsi start-up yang dilakukan beserta teknologi apa yang digunakan, layanan yang ditawarkan dalam start-up serta aspek-aspek lainnya yang dianggap perlu untuk mendeskripsikan konsep start-up.
    • Ringkasan eksekutif ditulis dengan font Times New Roman ukuran 12 spasi 1.15 dan berada dalam 1 paragraf. Format file ringkasan eksekutif berupa .doc atau .docx dengan nama file PCSEF Startup_(Nama depan ketua)_(Tiga kata pertama judul start-up) dan diupload pada form pendaftaran.
    • Ringkasan eksekutif yang telah diterima oleh panitia tidak dapat direvisi kembali. Revisi hanya dapat dilakukan oleh peserta jika dianggap perlu oleh

    9. Ketentuan ppt presentasi sebagai berikut :

    • Peserta yang dinyatakan lolos review ringkasan eksekutif (akan dihubungi secara personal oleh panitia), melakukan presentasi dalam bentuk file .ppt pada hari H.
    • Ppt harus memuat latar belakang pembuatan start-up, deskripsi start-up yang dilakukan beserta teknologi yang digunakan, layanan yang ditawarkan dalam start-up, rancangan masa depan start-up, serta aspek-aspek lainnya yang dianggap perlu untuk mendeskripsikan konsep start-up
    • Sesi presentasi dan tanya jawab dilaksanakan selama 15 menit. Maka peserta disarankan untuk tidak terlalu banyak membuat slide presentasi
    • Presentasi hanya boleh dilakukan oleh 1 orang atau dengan kata lain, hanya terdapat 1 orang presenter.
    • Terdapat penghargaan bagi presenter terbaik (best presentation) pada setiap bidangnya.

    10. Fasilitas yang akan didapatkan presenter dengan membayar Rp100.000 yaitu :

    • Sertifikat
    • Seminar kit
    • Snack selama 2 hari untuk presenter
    • Makan besar selama 2 hari untuk presenter
    • Free access ke semua kelas, sesi keynote speaker, dan mini workshop
    • Terdapat penghargaan khusus bagi presenter terbaik.

  • Sinematografi merupakan salah satu cabang dalam PCSEF yang menekankan pada penciptaan karya digital (berupa video) yang memiliki konsep dalam bidang Psikologi dan bertujuan untuk menyebarkan ilmu/info terkait Psikologis.

    Adapun ketentuan dari sinematografi yaitu :

    1. Karya sinematografi, dapat berupa film pendek, iklan, dokumenter, eksperimen sosial, atau hasil wawancara.

    2. Karya sinematografi harus bersifat orisinil.

    3. Karya sinematografi, dapat berasal dari karya yang pernah diikutsertakan dalam lomba, tugas mata kuliah, karya pribadi, maupun kontes perfilman lainnya.

    4. Peserta merupakan mahasiswa S1.

    5. Peserta dapat bersifat perorangan atau tim (2-5 orang) dan minimal harus ada 1 anggota yang bersal dari Fakultas Psikologi.

    6. Kategori sinematografi harus bermuatan dinamika psikologis.

    7. Durasi waktu karya adalah 7-10 menit.

    8. Penggunaan lagu, data demografis, gambar, maupun atribut lainnya yang bukan merupakan karya asli peserta, wajib dilampirkan sumbernya (berupa sitasi) pada akhir karya film.

    9. Karya di-upload oleh peserta pada tautan YouTube dengan nama file PCSEF Sinematografi_judul karya, dan link karya tersebut beserta screenshoot hasil upload YouTube dilampirkan pada form pendaftaran. Soft-file karya juga harus dikumpulkan melalui flashdisk pada panitia maksimal H-3 acara.

    10. Peserta yang dinyatakan lolos review karya, mempresentasikan hasil karya sinematografinya pada hari H acara.

    11. Ketentuan presentasi karya sebagai berikut :

    • Peserta yang dinyatakan lolos review karya (akan dihubungi secara personal oleh panitia), mempresentasikan hasil karya sinematografinya pada hari H acara.
    • Sesi presentasi dilaksanakan selama 15 menit. Sesi diawali dengan penayangan karya sinematografi, dilanjutkan pemaparan singkat mengenai detail karya.
    • Pemaparan singkat karya berisi : latar belakang serta cerita penggalian ide dalam pembuatan karya, proses pembuatan karya serta instrumen yang digunakan, dan makna cerita dari karya sinematografi.
    • Presentasi hanya boleh dilakukan oleh 1 orang atau dengan kata lain, hanya terdapat 1 orang presenter.
    • Terdapat penghargaan bagi presenter terbaik (best presentation) pada setiap bidangnya.

    12. Fasilitas yang akan didapatkan presenter dengan membayar Rp100.000 yaitu :

    • Sertifikat
    • Seminar kit
    • Snack selama 2 hari untuk presenter
    • Makan besar selama 2 hari untuk presenter
    • Free access ke semua kelas, sesi keynote speaker, dan mini workshop
    • Terdapat penghargaan khusus bagi presenter terbaik

  • Kewirausahaan merupakan salah satu cabang dalam PCSEF yang menekankan pada kemampuan kreatif dan inovatif dalam menciptakan hal baru yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain serta mampu menghadapi masalah dan memanfaatkan peluang untuk memperoleh keuntungan.

    Adapun ketentuan dari kewirausahaan yaitu :

    1. Wirausaha dapat berupa rencana wirausaha yang belum dijalankan (belum beroperasi) atau telah dijalankan selama maksimal waktu 1 tahun.

    2. Sumber wirausaha dapat berasal dari tugas mata kuliah, kewirausahaan PKM tidak lolos didanai, kewirausahaan PKM lolos didanai Dikti tidak lolos Pimnas, kewirausahaan PKM dana hibah fakultas, kewirausahaan pribadi, kewirausahaan event atau organisasi, atau kewirausahaan bersama unit fakultas.

    3. Wirausaha dapat berbentuk penjualan produk/ penyediaan jasa.

    4. Hanya satu jenis produk/ jasa yang diajukan pada kegiatan ini. Jika lebih dari satu produk/ jasa, maka peserta mendaftar dalam 2 jenis bentuk kewirausahaan.

    5. Peserta merupakan mahasiswa S1.

    6. Peserta dapat bersifat perorangan atau tim (2-5 orang) dan minimal harus ada 1 anggota yang berasal dari Fakultas Psikologi.

    7. Peserta mengirimkan ringkasan eksekutif, untuk kemudian ringkasan yang lolos review melakukan pameran hasil wirausaha secara langsung pada hari H

    8. Ketentuan ringkasan eksekutif sebagai berikut:

    • Ringkasan eksekutif ditulis dalam 250-300 kata
    • Ringkasan eksekutif ditulis dengan mengikuti format latar belakang pembuatan produk/ jasa, deskripsi produk/ jasa yang ditawarkan beserta teknologi yang digunakan dalam mendukung pemasaran produk/ jasa, penghasil dan keuntungan, serta aspek-aspek lainnya yang dianggap perlu untuk mendeskripsikan konsep wirausaha.
    • Ringkasan eksekutif ditulis dengan font Times New Roman ukuran 12 spasi 1.15 dan berada dalam 1 paragraf. Format file ringkasan eksekutif berupa .doc atau .docx dengan nama file PCSEF Kewirausahaan_(Nama depan ketua)_(Tiga kata pertama judul wirausaha) dan diupload pada form pendaftaran.
    • Ringkasan eksekutif yang telah diterima oleh panitia tidak dapat direvisi kembali. Revisi hanya dapat dilakukan oleh peserta jika dianggap perlu oleh

    9. Ketentuan pameran sebagai berikut :

    • Peserta yang dinyatakan lolos review ringkasan eksekutif melakukan pameran hasil wirausaha pada hari H.
    • Panitia menyediakan 1 buah partisi, 1 buah meja, dan 2 buah kursi pada setiap stand pameran.
    • Pameran hasil wirausaha sangat disarankan untuk disertai pula dengan penjualan produk/ jasa.
    • Penambahan atribut lain seperti x-banner, poster, stiker, atau atribut pendukung lainnya diperkenankan selama tidak menggagu jalannya pameran.
    • Terdapat penghargaan bagi presenter pameran terbaik (best presentation) pada setiap bidangnya.

    10. Fasilitas yang akan didapatkan presenter dengan membayar Rp100.000 yaitu :

    • Sertifikat
    • Seminar kit
    • Snack selama 2 hari untuk presenter
    • Makan besar selama 2 hari untuk presenter
    • Free access ke semua kelas, sesi keynote speaker, dan mini workshop
    • Terdapat penghargaan khusus bagi presenter terbaik.