Tim Mahasiswa Fakultas Psikologi UGM Raih Juara 1 dan 3 dalam Lomba Cerdas Cermat Picaso UNIKA Soegijapranata 2018

Lomba Cerdas Cermat Picaso 2018 merupakan ajang lomba keilmiahan yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata 2018. Pada tahun ini, Picaso 2018 mengangkat tema The Biopsychosocial Perspective on Healthy Lifestyle. Lomba Cerdas Cermat Picaso 2018 yang dilaksanakan pada 5-7 Juli 2018 lalu, diikuti oleh enam orang mahasiswa Fakultas Psikologi UGM yang terbagi dalam dua tim. Tim pertama yaitu Aisha Sekar Lazuardini, Anita Rahmawati, dan Eva Rahman. Kemudian tim kedua yaitu Anjuni Khofifah, Devita Pressa, dan Erwin Dian Saputra.

Sebelum berhasil meraih juara 1 dan 3, tim LCC Fakultas Psikologi UGM harus melewati beberapa tahapan, yakni tahap penyisihan 1, penyisihan 2, semifinal, dan final. Pada tahap penyisihan 1, peserta mengerjakan 100 soal pilihan ganda secara bersama dalam satu tim, dan 90 soal isian singkat yang dikerjakan secara bergantian. Kemudian pada penyisihan 2, tiap peserta dalam satu tim menjawab 21 soal secara lisan, guna mendapatkan 1 buah potongan puzzle tokoh psikologi. Tahap semifinal terdiri atas 5 soal wajib, 5 soal lemparan, serta 10 soal benar salah. Tiga tim dengan skor tertinggi melanjutkan ke babak final, yang berupa analisis film The Mechanics lalu  kemudian memberikan analisis diagnosis gangguan yang diderita tokoh utama serta dampak-dampak yang dialami.

“Merupakan suatu kebahagiaan tersendiri dapat membanggakan nama fakultas dan universitas”, kata salah satu peserta yaitu Eva dan Erwin. Anita dan Aisha juga menambahkan “Bersyukur, senang sekali, dan tidak menyangka, karena sebelumnya belum pernah ikut lomba-lomba seperti ini”. Dilanjutkan Anjuni yang menyatakan “Bahkan awalnya sempat ragu bisa sampai babak penyisihan 2 atau nggak”, tapi kemudian Pressa menambahkan, bahwa “God’s choice for us are always more beautiful than our wishes”.

Prestasi membanggakan ini semoga menjadi langkah untuk berkarya secara lebih jauh lagi bagi Aisha, Eva, Anita, Pressa, Erwin, Anjuni, dan seluruh mahasiswa Fakultas Psikologi UGM pada ajang-ajang kompetisi lainnya. Semangat berkarya dan terus meraih prestasi mahasiswa Fakultas Psikologi!