Sambutan Dekan

Sambutan Dekan

Puji Syukur dipanjatkan kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan hidayah-Nya sehingga informasi singkat Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada ini bisa diterbitkan. Harapan kami semoga informasi singkat ini dapat menjadi media informasi kepada masyarakat tentang Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.

Visit Website

  • Home
  • Rilis
  • Seminar Spiritual Leadership : LMPsi

Seminar Spiritual Leadership : LMPsi

Seorang pemimpin sejati haruslah memulai kepemimpinannya dengan diri sendiri. Sebelum mengolah sesuatu di luar diri, ia harus dapat mengolah dirinya sendiri. Kegagalan para pemimpin kita selama ini semata – mata karena kegagalan mereka memimpin diri, membawa diri dan mengolah diri. (Anand Krishna ).
Kehidupan di era globalisasi yang sarat dengan nilai – nilai materialisme telah menjadi salah satu akar permasalahan psikologis yang menjangkiti masyarakat Indonesia dewasa ini. Sementara dunia Barat mulai melirik ke arah spiritualitas Timur, negara – negara berkembang di belahan dunia Timur, termasuk Indonesia justru tergila – gila oleh kehidupan materialisme ala Barat.
Dalam dunia usaha, materialisme telah menjangkiti orang – orang yang terlibat di dalamnya. ambisi untuk mengejar kepuasan fisik telah menjerat batin pimpinan maupun bawahan. Situasi ini menekan berbagai tekanan psikis sebagai hasil konflik diri maupun lingkungan. Para karyawan tidak mendapatkan kesenangan dalam melakukan pekerjaannya, sehingga menimbulkan stress kerja. Dengan demikian, kebahagiaan batin tidak tercapai sekalipun kepuasan fisik telah terpenuhi.
Pada tataran yang lebih luas, Bangsa Indonesia pun menghadapi permasalahan serupa. Kurangnya penghayatan terhadap nilai – nilai spiritual yang diwariskan nenek moyang kita melalui kebudayaan telah mengakibatkan terjerumusnya para pemimpin bangsa ke dalam jurang materialisme. Hasilnya adalah korupsi yang merajalela, dan mencapai puncaknya dalam kejatuhan rezim Orde Baru. Ironisnya, proses reformasi yang diharapkan membawa perubahan ke arah yang lebih baik ternyata berlalu tahun demi tahun tanpa membawa perubahan yang ebrmakna, kendati telah diwarnai dengan beberapa kali pergantian pemimpin.
berangkat dari permasalahan tersebut, Lembaga Mahasiswa Fakultas Psikologi UGM ( LMPsi ) akan mengadakan seminar Spiritual Leadership “ Oase di Tengah Gurun Materialisme “ yang menghadirkan Anand Krishna ( pendiri padepokan Anand Ashram ) dan Prof. Damardjati Supadjar ( Guru Besar Fakultas Filsafat UGM ) sebagai pembicara serta Drs. Sumaryono, MSi ( Dosen Fakultas Psikologi UGM ) sebagai moderator.
Seminar ini akan diselenggarakan pada Jumat, 22 April 2005, pukul 15.00 WIB di Auditorium Fakultas Psikologi UGM. Selain materi seminar, peserta akan diajak melakukan praktek meditasi bersama Anand Krishna.
( – Adya – )