Mahasiswa Psikologi UGM Juara Satu dalam Ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah

A Miracle of One Step Green Action for Our Environment adalah tema yang diusung dalam lomba Psycompetition 2018 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat. Perlombaan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk memperingati Dies Natalis Prodi Psikologi Universitas Lambung Mangkurat yang ke-10. Jenis lomba terdiri dari PsycoMovie (Membuat Film), PsycoSign (Membuat Desain Poster), PsycoSay (Membuat Essay), dan LKTI. Rangkaian lomba mulai dibuka pendaftarannya sejak 16 April 2018 dan menunjukkan antusiasme yang besar dari mahasiswa psikologi di seluruh universitas di Indonesia.

Pada ajang ini, mahasiswa psikologi UGM yang beranggotakan Muhammad Abdul Fikri (2014), Neng Wita Juwita Agustin (2017), dan Shafira Anissa (2017) mengikuti cabang Lomba Karya Tulis Ilmiah. Karya tulis yang dibuat berjudul “#ItStartsfromUs: Strategi Modifikasi Perilaku Penggunaan Kantong Plastik Pada Mahasiswa Berbasis Psikoedukasi”. Karya tulis tersebut mampu mengantarkan delegasi dari UGM untuk memasuki babak final yang diselenggarakan pada tanggal 1 Agustus 2018 – 5 Agustus 2018 di Prodi Psikologi Universitas Lambung Mangkurat, Banjar Baru. Pada babak final, setiap delegasi diwajibkan untuk mempresentasikan karya tulisnya di depan tiga orang juri dan mahasiswa psikologi ULM yang menjadi audiens.

Pengumuman juara diadakan bersamaan dengan seminar nasional pada tanggal 4 Agustus 2018. Berdasarkan akumulasi keseluruhan poin mulai dari penulisan naskah dan presentasi, delegasi UGM mampu meraih predikat Juara 1. Juara 2 diraih oleh delegasi dari Universitas Mercu Buana Jakarta dan Juara 3 diraih oleh delegasi dari tuan rumah Universitas Lambung Mangkurat.