| BERANDA | TENTANG KAMI | SIT / AKADEMIK | JAMINAN MUTU | ALUMNI | FORUM DISKUSI | KONTAK KAMI |

lustrum
kas
tkda
PAPs
jurnal
neuropsychology
Buku
Magister Psikologi
Magister Profesi Psikologi
Doktor Psikologi
Tracer Study
UKP UGM
SIAP UGM
CICP
paud
cpmh
29-07-2011 07:10:28
Seminar & Semiloka Pembelajaran CPMH Fakultas Psikologi UGM
photo

Sebagai sebuah negara yang besar, Indonesia memiliki berbagai permasalahan yang harus segera diatasi untuk mampu terus maju mewujudkan cita-cita pendiriannya: kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Salah satu masalah yang cukup pelik yang dihadapi negara ini adalah kasus korupsi. Tingginya angka korupsi dan kekerasan di negeri ini membuat sebagian orang semakin menyadari bahwa karakter yang positif perlu dimiliki oleh segenap anak bangsa. Karakter inilah yang akan menyelamatkan bangsa Indonesia untuk tetap tegak berdiri sebagai bangsa yang besar. Maka tak mengherankan jika frasa “pendidikan karakter” menjadi suatu hal yang akhir-akhir ini didengungkan dalam berbagai kesempatan.

Keluarga tentu menjadi tempat pertama dan utama bagi anak untuk mengembangkan dirinya secara utuh dan seimbang. Namun, tidak dapat kita pungkiri bahwa sekolah sebagai institusi formal pendidikan tempat anak sebagai generasi penerus bangsa menghabiskan sebagian waktunya pun memegang peran penting dalam pengembangan kepribadian anak. Lebih khusus lagi, guru sebagai sosok yang berhubungan langsung dengan siswa perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk mengembangkan kepribadian siswa ini menuju masa depan yang lebih baik.

Divisi Pendidikan Center for Public Mental Health Fakultas Psikologi UGM beperan aktif dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan guru serta praktisi pendidikan dalam hal pendidikan karakter dan kepribadian ini melalui penyelenggaraan Seminar “Menuju Pembelajaran yang Mengembangkan Kepribadian Siswa” dan Semiloka “Terampil Mengembangkan Softskill dalam Pembelajaran” pada Jumat-Sabtu yang lalu, tanggal 22-23 Juli 2011 di ruang G. 100 Fakultas Psikologi UGM.

Seminar dan Semiloka ini diharapkan dapat menjadi wadah pertukaran pengetahuan dan pengalaman mengenai cara mengintegrasikan soft skill ke dalam kegiatan belajar mengajar, berbagi pengalaman tentang cara-cara memotivasi siswa untuk mengembangkan soft skill serta hal-hal yang terkait dengan cara merancang pembelajaran yang mengembangkan soft skill siswa sehingga pada akhirnya peserta dapat semakin terampil menerapkan cara mengembangkan soft skill siswa didiknya. Pembicara dan pemateri dalam acara ini adalah Prof. Dr. Amitya Kumara, M.S., Psi (Psikolog Pendidikan-Keynote Speaker), Dra. Budi Andayani, MA (dosen Fak. Psikologi UGM), Yuli Fajar Susetyo, S.Psi, M.Si. (penulis buku Rahasia Sukses Menjadi Motivator Siswa) dan Drs. Nasarius Sudaryono, S.Pd., M.Si. (praktisi pendidikan).