| BERANDA | TENTANG KAMI | SIT / AKADEMIK | ALUMNI | FORUM DISKUSI | KONTAK KAMI |

lustrum
kas
tkda
PAPs
jurnal
neuropsychology
Buku
Magister Psikologi
Magister Profesi Psikologi
Doktor Psikologi
Tracer Study
UKP UGM
SIAP UGM
CICP
paud
cpmh
Visi Misi Fakultas
VISI FAKULTAS
Fakultas memiliki visi untuk menjadi Fakultas penelitian bertaraf internasional yang unggul dan terkemuka, berorientasi pada kepentingan bangsa dan berdasarkan Pancasila.” Visi ini selaras dengan visi dari UGM ”menjadi universitas riset kelas dunia yang unggul, mandiri, bermartabat dan dijiwai Pancasila, mengabdi pada kepentingan dan kemakmuran bangsa”.


MISI FAKULTAS
  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi psikologi yang berkualitas dalam rangka mendukung pencerdasan dan pemberdayaan kehidupan bangsa serta memelihara integrasi nasional.
  2. Menghasilkan lulusan pendidikan tinggi psikologi yang bermoral, berjiwa pemimpin dan wirausaha yang mampu bersaing.
  3. Mendorong kemajuan penelitian dalam bidang psikologi yang menopang kemajuan pendidikan, ilmu, teknologi, dan pengayaan budaya bangsa.
  4. Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat atas dasar tanggungjawab sosial.
  5. Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, lembaga penelitian, pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat.
  6. Mengembangkan organisasi fakultas yang sesuai dengan tuntutan jaman serta meningkatkan manajemen yang transparan dan berkualitas secara berkelanjutan.

TUJUAN FAKULTAS
  1. Meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan sarjana untuk menghasilkan lulusan Fakultas Psikologi UGM yang memiliki sikap mental dan etika profesi, pengetahuan, ketrampilan, kreativitas, dan kepemimpinan yang unggul.
  2. Meningkatkan kualitas dan relevansi dan pelayanan masyarakat untuk (a) menghasilkan modal intelektual clan moral untuk meningkatkan nilai tambah sumberdaya nasional, (b) menghasilkan penerapan dan pelayanan IPTEKS untuk memberdayakan masyarakat dan meningkatkan mutu pendidikan, (c) menghasilkan rekomendasi kebijakan untuk mengatasi masalah masyarakat, bangsa dan negara.
  3. Menumbuhkan budaya masyarakat Pancasila dengan menumbuh-kembangkan: (a) sikap toleran dan saling menghormati, (b) jiwa dan semangat kebangsaan, (c) disiplin diri di kalangan sivitas akademika dan masyarakat untuk mendukung kemandirian dan keutuhan bangsa dan negara.
  4. Mengembangkan pengelolaan fakultas yang efisien dan produktif untuk : (a) menghasilkan keunggulan akademik Fakultas Psikologi UGM, (b) menghasilkan pengelolaan Fakultas Psikologi UGM yang bertanggungjawab.
  5. Menyediakan layanan sarana prasarana yang mendukung mutu Fakultas Psikologi UGM sesuai visi UGM sebagai universitas penelitian yang bertaraf International.
  6. Mengembangkan kemandirian organisasi dan jaringan kerjasama untuk meningkatkan posisi di tingkat global dengan dukungan masyarakat kampus, alumni, industri dan masyarakat.



SASARAN
A. Meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan sarjana melalui :
  1. Optimalisasi program pendidikan
  2. Pengembangan mutu mahasiswa baru
  3. Pengembangan mutu proses pembelajaran
  4. Pengembangan mutu lulusan
  5. Pengembangan iklim akademik
  6. Pengembangan kesejahteraan mahasiswa
B. Meningkatkan kualitas dan relevansi dan pelayanan masyarakat melalui :
  1. Pengembangan knowledge utilization
  2. Peningkatan mutu dan relevansi penelitian
  3. Peningkatan relevansi pemanfaatan IPTEKS bagi masyarakat
  4. Pemberdayaan masyarakat
  5. Advokasi kebijakan
C. Menumbuhkan budaya masyarakat Pancasila dengan menumbuh kembangkan:
  1. Pengembangan berkelanjutan khasanah budaya bangsa
  2. Peningkatan kontribusi perbaikan mutu kehidupan berbangsa dan bernegara berbasis pada masyarakat madani (civil society) yang dijiwai dengan nilai-nilai Pancasila
  3. Peningkatan mutu kehidupan kampus sebagai basis pengembangan entepreneurial knowledge society yang dijiwai nilai-nilai Pancasila
D. Mengembangkan pengelolaan Fakultas Psikologi UGM yang efisien dan produktif untuk,
  1. Pengembangan kelembagaan
  2. Pengembangan sistem informasi
  3. Pengembangan sumberdaya manusia
  4. Peningkatan citra fakultas psikologi UGM
E. Menyediakan layanan sarana prasarana yang mendukung mutu Fakultas Psikologi UGM sesuai visi UGM sebagai universitas penelitian yang bertaraf internasional melalui,
  1. Pengembangan sarana prasarana fisik
  2. Pengembangan sarana-prasarana teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
  3. Mengembangkan kemandirian organisasi dan jaringan kerjasama untuk meningkatkan posisi di tingkat global dengan dukungan masyarakat kampus, alumni, industri dan masyarakat
  4. Pengembangan usaha
  5. Peningkatan kapasitas jaringan kerjasama di tingkat nasional dan daerah
  6. Peningkatan kapasitas jaringan kerjasama untuk mengangkat Fakultas Psikologi UGM ke posisi global
  7. Percepatan siklus pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi