SIAP UGM
IUP
Buku
PAPs
jurnal
Magister Psikologi
Magister Profesi Psikologi
Doktor Psikologi
Tracer Study
UKP UGM
CICP
paud
cpmh
Sarjana S1
Kompetensi Lulusan dan Beban Kuliah
PSIKOLOGI adalah ilmu yang mempelajari perilaku, baik yang tampak maupun yang tidak tampak, yang merupakan manifestasi adanya kejiwaan pada manusia. Unit analisisnya adalah perilaku manusia, baik level individu dan kelompok.

Hukum-hukum perilaku dasar manusia yaitu dilihat dari:
a. Perspektif perkembangan manusia (dari pra natal sampai usia lanjut),
b. Macam interaksi sosial yang dijalin (baik intrapersonal dan interpersonal), dan
c. Komposisi manusia (fisik, mental, dan spiritual) digunakan sebagai landasan dalam menjelaskan peristiwa yang terjadi di dunia sekolah, organisasi, industri, klinis, dan kemasyarakatan.

Setelah mengikuti pendidikan Sarjana (S1) di Fakultas Psikologi, maka lulusan S1 memiliki kompetensi sebagai berikut:
1. Memahami pengetahuan dasar psikologi.
2. Menguasai teknik pengamatan.
3. Mampu menggunakan alat pengukuran psikologi.
4. Peka terhadap permasalahan bio-psiko-sosial dalam konteks Indonesia.
5. Mampu melakukan penelitian.
6. Menghayati kode etik keilmuan dan penelitian.

Kembali ke Atas

Bagian
Fakultas Psikologi UGM memiliki satu program studi (Prodi) yaitu Psikologi dengan enam (6) Bagian yang bertugas melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat. Oleh karena itu, fungsi Bagian di Fakultas Psikologi UGM juga menjadi laboratorium studi.

Bagian-bagian yang mendukung kegiatan akademik Program Studi Psikologi pada Fakultas Psikologi UGM adalah

1. Bagian Psikologi Klinis
2. Bagian Psikologi Sosial
3. Bagian Psikologi Perkembangan
4. Bagian Psikologi Umum dan Eksperimen
5. Bagian Psikologi Industri dan Organisasi
6. Bagian Psikologi Pendidikan & Psikometri

Kembali ke Atas


Penawaran dan Prospek Kerja
Masyarakat pengguna lulusan Sarjana Psikologi dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan jumlah. Lebih dari 100 instansi yang membutuhkan jasa Psikologi, diantaranya:

1. Pertamina
2. PT Telkom
3. Media Massa
4. Perum Peruri
5. LG Electronic
6. PT Gramedia Group
7. PT Panasonic Gobel
8. PT Angkasa Pura II
9. PT Astra Internasional
10. PT Pelabuhan Indonesia
11. PT Indofood Sukses Makmur
12. Lembaga Perguruan Tinggi
13. PT Unilever Indonessia, Tbk
14. PT Cocacola Amatil Indonesia
15. Lembaga Pemerintah, TNI, dan POLRI
16. Rumah Sakit Umum & Rumah Sakit Swasta
17. Luar Negeri : Trango Mineral Oil Malaysia
18. Bank : Mandiri, Niaga, BCA, BNI, Citibank
19. PMA : Komatsu, Freeport, Schlumberger, BAT
20. dll

Jumlah penawaran kerja yang cukup banyak ini menunjukkan bahwa lulusan Psikologi UGM diminati oleh masyarakat dengan prospek kerja yang baik di berbagai bidang.

Kembali ke Atas


Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru

Program Studi Sarjana (S1) Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada setiap tahun akademik baru menerima mahasiswa baru sebanyak 180-200 orang.

Untuk menjadi mahasiswa S1 Fakultas Psikologi UGM, lulusan SMA semua jurusan dapat mengikuti semua prosedur seleksi masuk. Informasi penerimaan mahasiswa baru tahun 2013 dapat diakses melalui  http://um.ugm.ac.id

Sekalipun tidak menjadi syarat mutlak, namum calon mahasiswa yang memiliki keunggulan dalam bidang matematika dan Bahasa Inggris cenderung lebih mudah mengikuti perkuliahan di Fakultas Psikologi UGM.

Kembali ke Atas

Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan Program Studi Sarjana (S1) Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada menerapkan sistem uang kuliah tunggal (UKT) mulai tahun akademik 2013/2014. Informasi selengkapnya klik di sini

 Kembali ke Atas


Kegiatan Pembelajaran

Proses pembelajaran dilakukan baik di dalam kelas, praktikum di laboratorium, maupun pengamatan di masyarakat. Selain teori-teori yang diajarkan, mahasiswa juga distimulasi dengan permasalahan-permasalahan yang berkembang di masyarakat. Diharapkan mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan sekaligus aplikasi teori untuk memahami permasalahan dan solusi permasalahan yang berkembang di masyarakat.

Upaya untuk meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam memahami teori dan konsep perilaku, maka disediakan laboratorium praktikum yaitu:
1.
Laboratorium Pskologi Faal
2.
Laboratorium Psikodiagnostika 3. Laboratorium Psikologi Eksperimen

Dua Laboratorium Psikologi Eksperimen sekarang ini dilengkapi dengan alat-alat praktikum aparatus yang berbasis digital.

Pengembangan Laboratorium Psikodiagnostika sedang dalam penataan fisik yaitu sebagai laboratorium yang dapat digunakan untuk praktikum pengamatan dan melakukan testing dengan menggunakan terknologi modern.

Kembali ke Atas


Penelitian Mahasiswa dan Dosen

Dalam kurun waktu 13 tahun terakhir ini, mahasiswa Fakultas Psikologi UGM mempunyai tradisi mengukir prestasi di lomba karya ilmiah yang berbasis penelitian di tingkat nasional.

Prestasi yang sangat menggembirakan ini tidak lepas dari suasana yang kondusif di fakultas bagi terciptanya iklim penelitian mahasiswa. Sejak tahun 2002 secara resmi fakultas membuat kebijakan untuk mengikutsertakan mahasiswa dalam penelitian dosen.

Sebagian dosen melakukan penelitian dengan melibatkan mahasiswa setiap tahun dengan berbagai sumber dana, baik dana dari fakultas, universitas, Dikti, maupun dari lembaga donor internasional lainnya.

Kembali ke Atas


Pengabdian pada Masyarakat

Kegiatan pengabdian pada masyarakat dilakukan lebih berfokus pada pelayanan jasa Psikologi. Kegiatan ini dilakukan baik bersifat individual maupun institusional. Permintaan baik secara individual maupun institusional sangat tinggi dari masyarakat, menunjukkan sangat pentingnya peran jasa Psikologi.

Jasa psikologi dalam bentuk konseling individu dan kelompok telah dilatihkan kepada guru dan tokoh masyarakat untuk menangani korban konflik bagi para pengungsi di Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Selatan melalui kerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional.

Fakultas Psikologi UGM juga mempunyai wadah resmi sebagai sarana pengabdian pada masyarakat dalam bentuk jasa konsultasi psikologis. Jasa konsultasi psikologis tersebut dikelola oleh Unit Konsultasi Psikologis (UKP).

Berbagai instansi pemerintah daerah, BUMN, dan perusahaan swasta nasional dan multinasional mengenyam jasa psikologis untuk menyelenggarakan rekruitmen untuk seleksi dan promosi, asesmen psikologis, dan berbagai pelatihan. Jasa psikologis ini dikelola oleh Lembaga Pengembangan Kualitas Manusia (LPKM)

Kembali ke Atas


Kerjasama

Fakultas Psikologi UGM telah melakukan kerjasama dengan berbagai Perguruan Tingi, Lembaga Pemerintah, maupun lembaga Non Pemerintah di berbagai bidang, mulai dari penelitian, pengajaran dan pelayanan psikologi.

Kerjasama dalam maupun antara lain: Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman dan Kodya Yogyakarta, Pemerintah Daerah, Kabupaten Lombok Timur; RSJ Magelang, Kementrian Agama RI, Yayasan Dharma Bermakna, Universitas Syiah Kuala, Universitas Negeri Jambi, Universitas Medan Area, Universitas Setia Budi, Surakarta, Badan Kepegawaian Pemkab Kotawatingin Barat, PT Badak NGL, PT Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten, PT Krakatau Industrial Estate Cilegon, Pemko Gunungsitoli, PT Indonesia Power, UBOH Suralaya, PT Pertamina EP, PT Perusahaan Gas Negara, Tbk, PT Indonesia Power UBP Mrica
PT Multi Structure, Pemkab Bulungan

Kerjasama luar negeri antara lain : USA (Harvard University, Indiana University, University of Hawai), Eropa (University of Leipzig, Hogskolan I Boras, Erasmus University, Universite Paris V Yene Descartes, Groningen University), Asia (Inha University), Australia (Melbourne University)

Kembali ke Atas


Kemahasiswaan

Mahasiswa sebagai unsur civitas akademika dalam perguruan tinggi perlu didorong untuk mengembangkan dan mendewasakan dirinya agar menjadi manusia yang dapat mewujudkan masa depan bangsa dan negara lebih baik.

Mahasiswa diharapkan tidak hanya menekuni ilmu dalam bidangnya saja, tetapi juga beraktivitas dalam mengembangkan kepribadiannya agar menjadi pemimpin yang berkualitas di masa yang akan datang. Mahasiswa telah diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan, baik di dalam kampus maupun di lingkungan masyarakat luar kampus. Pembinaan kemahasiswan telah dijalankan sehingga mahasiswa memiliki media untuk mengembangkan bakat dan minat serta berprestasi dalam berbagai hal.

Pembinaan organisasi kemahasiswaan didasarkan atas prinsip, organisasi dari, oleh, dan untuk mahasiswa; sehingga strategi dalam membina lebih banyak ulur tangan daripada campur tangan.

Pembinaan kegiatan kemahasiswaan mendorong mahasiswa untuk lebih menekankan kegiatan sebagai sarana academic excercises sehingga selain ketrampilan didalam memimpin dan berorganisasi juga diharapkan tercipta suasana iklim akademik dalam kegiatan kemahasiswaan. Secara operasional, organisasi kemahasiswaan sejauh mungkin sebagai pusat-pusat kajian dan pengembangan karya-karya ilmiah. Karya ilmiah berbasis penelitian yang selama ini memenangkan lomba karya ilmiah di tingkat nasional, sebagian besar berasal dari badan kegiatan kemahasiswaan.

Kegiatan kemahasiswaan juga didorong untuk melakukan kegiatan dengan fokus mencari dana. Hal ini merupakan suatu upaya dalam menanamkan nilai-nilai kewirausahaan pada mahasiswa.

Ada 8 organisasi kemahasiswaan di Fakultas Psikologi UGM
1. Psikomedia
2. Rapat sebuah Teater
3. Keluarga Muslim Psikologi (KMP)
4. Pencinta Alam Psikologi (Palapsi)
5. Keluarga Mahasiswa Katholik (KMK)
6. Lembaga Mahasiswa Psikologi (LMPsi)
7. Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMKI)
8. Relawan Psikologi Gadjah Mada (Repsigama)

Kembali ke Atas


Beasiswa
Ada dua macam beasiswa yaitu

1. Beasiswa Mahasiswa Berprestasi, yang ditujukan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi tinggi dengan IP minimal 3,25
2. Beasiswa bagi mahasiswa yang memerlukan bantuan, yang ditujukan kepada mahasiswa yang berprestasi dengan IP minimal + 2,50 tetapi kurang didukung oleh kemampuan ekonomi keluarga

Setiap tahun kurang lebih 180 mahasiswa mendapatkan beasiswa tersebut dari 17 instansi. Beberapa instansi yang memberikan beasiswa dan jumlah penerimanya sebagai berikut:

 1. BOP			
2. BBM
3. BI
4. BRI
5. Bank Mandiri
6. Prestasi
7. PPA
8. PT Djarum
9. Supersemar
10. Tanoto Foundation
11. YKPP
12. BPUTM
13. UGM
14. Gudang Garam
15. Indocement
16. Qatar
17. PT. Branita S.
Kembali ke Atas
© 2006 Psychology UGM Jogjakarta. Best viewed at 800x600 resolution with Mozilla Firefox.