| BERANDA | TENTANG KAMI | SIT / AKADEMIK | ALUMNI | FORUM DISKUSI | KONTAK KAMI |

lustrum
kas
tkda
PAPs
jurnal
neuropsychology
Buku
Magister Psikologi
Magister Profesi Psikologi
Doktor Psikologi
Tracer Study
UKP UGM
SIAP UGM
CICP
paud
cpmh
Magister Psikologi
Program Pendidikan Magister Psikologi UGM dibuka sejak tahun akademik 1980/1981, dan dewasa ini mencakup beberapa minat utama, yakni Psikologi Pendidikan, Psikologi Perkembangan, Psikologi Klinis, Psikologi Sosial, Psikologi Industri dan Organisasi.

Program Pendidikan Magister Psikologi UGM terbuka bagi para sarjana S1 Psikologi dan sarjana S1 Non-Psikologi yang telah lulus mata kuliah defisiensi yang dilaksanakan dalam Program Pra S2 Psikologi UGM.

VISI
Program Magister Psikologi UGM menjadi bagian fakultas berkelas dunia yang unggul dan inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa berdasarkan nilai-nilai budaya bangsa dan Pancasila.

MISI
  1. Menyelenggarakan program pendidikan Pascasarjana dalam bidang Psikologi untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang berkompetensi tinggi dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.
  2. Menghasilkan lulusan pendidikan magister yang kompeten dalam penelitian, pengembangan ilmu dan teknologi dalam bidang psikologi
  3. Mendorong kemajuan penelitian dalam bidang psikologi yang menopang kemajuan pendidikan, ilmu, teknologi, dan pengayaan budaya bangsa.
  4. Meningkatkan pengabdian pada masyarakat atas dasar tanggungjawab sosial.
  5. Menjalin kerja sama secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, lembaga penelitian, pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat.
  6. Mengembangkan organisasi Program Studi Magister Psikologi sebagai bagian dari Fakultas Psikologi yang sesuai dengan tuntutan jaman serta meningkatkan manajemen yang transparan dan berkualitas secara berkelanjutan.
TUJUAN
Program Studi Magister Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi:
  1. Mampu menguasai konsep-konsep dan teori-teori Psikologi
  2. Mampu melakukan analisis masalah manusia dan merancang pemecahan masalah berdasarkan pendekatan psikologi
  3. Mampu melakukan penelitian bagi pengembangan ilmu atau pemecahan masalah dalam bidang psikologi
BEBAN STUDI PENDIDIKAN
Beban studi pendidikan pada Program Magister Psikologi minimal 42 SKS, termasuk Tesis. Bedan studi Program Pra S2 Psikologi adalah 20 SKS.

BIAYA PENDIDIKAN
Biaya untuk Program Magister Psikologi dan Program Pra S2 Psikologi adalah sebesar Rp 8.500.000 (delapan juta lima ratus ribu rupiah) per semester.

FASILITAS
Untuk menunjang proses belajar mengajar, Program Magister Psikologi UGM didukung dengan fasilitas yang memadai seperti:
1. Kelas komputer.
2. Perpustakaan digital yang dilengkapi dengan koneksi internet dan wifi.
3. Perpustakaan Fakultas Psikologi UGM.
4. Unit pelayanan konsultasi bagi mahasiswa UGM.

KURIKULUM PENDIDIKAN DAN MINAT STUDI
  • Mata kuliah Defisiensi - untuk Program Pra S2
  • Mata kuliah Wajib Umum
  • Mata kuliah Wajib Minat Utama: Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Perkembangan, Psikologi Sosial.
  • Mata kuliah Pilihan - diambil hingga jumlah SKS terpenuhi dan dapat diambil dari mata kuliah wajib yang lain atau mata kuliah pilihan yang ditawarkan.

Informasi selengkapnya dapat diakses di http://pasca.psikologi.ugm.ac.id